12

AUG 19

Tim writer GoodLife

Unik! Di Balik Cerita 5 Menu Sarapan Popular Khas Nusantara

Di Indonesia enggak susah mencari makanan enak di pagi hari. Coba saja kamu jalan-jalan di pagi hari, di pinggir-pinggir jalan dengan mudah ditemukan orang berjualan aneka menu sarapan. Dan ternyata setiap menu punya asal usul yang menarik. 

 

1. NASI UDUK

DIANGGAP MAKANAN ORANG SUSAH 

Nasi yang rasanya gurih ini konon sudah ada sejak abad 14. Dibawa ke Jawa oleh orang-orang Melayu yang ada di Sumatera. Uduk dapat diartikan sebagai “susah”, sebab dulu nasi uduk yang dijual di gerobak pasar identik sebagai makanan murah. 

Di Jakarta, nasi uduk Betawi biasanya dibungkus daun pisang. Disajikan dengan aneka lauk seperti semur tahu, semur jengkol, ayam goreng, tempe orek, bihun, dan sambal kacang yang kental. Taburan kerupuk dan bawang merah goreng membuat aroma nasi uduk semakin menggiurkan.

 

2. BUBUR AYAM

MEMBANTU RAKYAT KELAPARAN

Variasi bubur ayam sangat banyak, seperti bubur ayam Jakarta, bubur ayam Cianjur, bubur ayam Bandung, bubur ayam medan, bubur ayam Manado dan sebagainya.

Alkisah, bubur ayam adalah makanan khas masyarakat Tionghoa sejak 200 tahun Sebelum Masehi. Saat itu kemarau panjang membuat rakyat kelaparan. Kaisar mengakali dengan menuang sup ke atas nasi sehingga mengembang menjadi bubur. Dengan porsi yang lebih banyak itu ia bisa memberi makan lebih banyak orang.

 

3. KETOPRAK

REZEKI BUNYI PIRING JATUH

Suka makan ketoprak? Tahukah kamu nama ketoprak berasa dari bunyi piring yang jatuh saat si pedagang membuat makanan yang dirasa bakal laris, yaitu campuran ketupat, bihun, tauge, dan tahu yang disiram sambal kacang. 

Sebagai menu sarapan, ketoprak bisa jadi andalan, terutama bagi penduduk Jakarta. Tetapi ternyata, ketoprak bukan berasal dari Jakarta, lho, melainkan dari Jawa Tengah dan Cirebon. 

 

4. LONTONG SAYUR

DULU HANYA UNTUK PERAYAAN BESAR

Yang ini enggak kalah menggiurkan sebagai santapan sarapan. Lontong dengan sayur labu siam atau papaya muda berkuah santan yang gurih. Jenis lontong sayur pun banyak, tersebar di berbagai daerah Nusantara. 

Awalnya lontong sayur hanya ada pada perayaan hari besar seperti Lebaran. Namun sekarang lontong yang dibungkus daun pisang ini bisa mudah dijumpai sehari-hari. Ada lontong sayur Betawi, lontong Medan, lontong balap Surabaya, lontong orari, lontong Kupang, dan sebagainya

 

5. NASI GORENG

OLAHAN NASI DINGIN

Di Indonesia banyak terdapat jenis nasi goreng, seperti nasi goreng Magelangan, nasi goreng putih, nasi goreng Jawa, nasi goreng kampung, nasi goreng ikan asin, nasi goreng mawut, dan sebagainya. Yang biasa untuk sarapan adalah nasi goreng kampung dengan tambahan telor mata sapi.

(Image: Romy Cookin)

Konon nasi goreng sudah ada sekitar 4000 tahun Sebelum Masehi. Berawal dari bangsa Tionghoa yang tidak suka makan nasi dingin, lalu mengolahnya dengan tambahan bumbu. Nasi goreng itu lalu diperkenalkan ke Indonesia lewat jalur perdagangan.

 

Wah, jadi nambah pengetahuan yaah, ternyata banyak cerita dibalik makanan yang biasa kita makan. So, kita dapat belajar lebih menghargai makanan seperti salah satu quotes dari Thomas Keller "Respect for food is a respect for life, for who we are and what we do."

Recommended Articles