24

AUG 19

Tim writer GoodLife

Melihat Dari Dekat Pembuatan Jamu di Desa Wisata Jamu

Jamu adalah salah satu kearifan lokal budaya Indonesia. Minuman berkhasiat untuk menyehatkan tubuh ini sudah turun-temurun diproduksi dan dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tradisi ini ditunjang dengan mudahnya menemukan rempah, tumbuhan, atau bunga yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan jamu.

Jika jalan-jalan ke desa berikut ini, kamu bukan saja bisa melihat langsung proses pembuatan jamu dengan cara tradisional tetapi juga bisa langsung ikut mencicipi nikmatnya jamu.

 

1.   Pasar Nguter, Sukoharjo, Jawa Tengah

Kabupaten Sukoharjo baru saja ditetapkan sebagai destinasi wisata jamu tradisional. Bukan tanpa alasan kabupaten ini dijadikan desa wisata jamu. Pasalnya hampir di semua desa terdapat penjual jamu gendong.

(Image: Instagram/@sukoharjokita)

Namun ada satu desa yang benar-benar dijadikan sebagai sentra pembuatan jamu gendong, yaitu Desa Nguter. Di sini 50-100 penduduknya berjualan jamu, yang semuanya diproduksi sendiri secara tradisional dengan cara alami tanpa bahan pengawet.

Jika kamu tertarik melihat dan mencicipi jamu, bisa datang ke pasar Nguter, yang menjual berbagai bahan jamu dan segala perlengkapannya, mulai dari bakul, botol, hingga selendang.

 

2.   Desa Jamu Kiringan, Yogyakarta

Di desa yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini hampir 80% penduduknya adalah penjual jamu. Setiap pagi, mereka menjajakan jamu dengan sepeda atau motor berkeliling desa. Awalnya, di desa ini hanya 1-2 orang saja yang membuat dan menjual jamu.

(Image: Instagram/@desawisatajamukiringan)

Namun karena banyak peminatnya, banyak warga yang belajar membuat jamu dan menjualnya. Tak hanya itu, penduduk di sini juga membuka kursus dan pelatihan untuk membuat jamu. Hingga akhirnya desa ini ditetapkan sebagai desa wisata jamu.

Jika berkunjung ke sini, kamu bisa ditemani pemandu wisata. Sambil berkeliling desa, kamu akan dijelaskan cara pembuatan jamu sambil melihat langsung prosesnya serta berkunjung ke kebun yang ditanamin tanaman bahan pembuatan jamu.

 

3.   Desa Agrotourism Trumpon, Yogyakarta

Desa yang terletak tepat di lereng Gunung Merapi ini berhawa sangat sejuk. Dinamai desa agrotourism karena Trumpon menyuguhkan wisata persawahan, perkebunan, dan pemandangan gunung Merapi.

Yang membuatnya semakin unik, Desa Agrotourism Trumpn juga menyediakan wisata jamu. Para pengunjung bisa melihat sendiri proses pembuatan jamu tradisional, mulai dari bahan-bahannya hingga bisa mencicipi langsung jamu tradisional kas daerah setempat.

 

4.   Desa Karangrejo, Malang

Desa Karangrejo menjadi sentra jamu tradisional di kota Malang. Begitu masuk ke desa ini, kamu sudah disambut dengan patung mbok-mbok penjual jamu. Sebenarnya sudah sejak lama Desa Karangrejo dikenal sebagai daerah pembuat jamu tradisional. Namun belum diberdayakan secara maksimal.

Baru akhir tahun lalu desa ini kembali digenjot sebagai desa sentra jamu tradisional di Kota Malang. Jamu tradisional dari desa ini juga pernah mendapatkan penghargaan juara harapan 2 tingkat nasional dan juara pertama tingkat provinsi Jawa Timur untuk kategori rasa.

 

5.   Dusun Gesikan, Sleman, Yogyakarta

(Image: www.mediacenter.slemnkab.go.id)

Sebagai sentra pembuatan jamu tradisional, Dusun Gesikan membuka pelatihan singkat untuk membuat jamu sederhana. Bahkan penduduk setempat juga beberapa membuka rumahnya sebagai homestay bagi pengunjung.

 

Seru juga yah. Tertarik kesana?

 

TRADISIONAL JAMU FOOD WISATA JAMU

Recommended Articles