15

AUG 19

Tim writer GoodLife

Unik, Perawatan Kecantikan Tradisional dari 5 Daerah

Kamu sudah coba yang mana?

Sejak dulu secara turun temurun leluhur kita merawat kecantikan dengan aneka rempah khas dan tradisi yang unik dari masing-masing daerah di Indonesia. Baca yuk, siapa tahu kamu tertarik mencoba.

 

Semakin modern zaman, perkembangan teknologi di bidang kecantikan juga semakin berkembang. Namun, tetap banyak orang yang lebih suka melakukan perawatan kecantikan tradisional.

Alasannya, Indonesia kaya dengan rempah-rempah khas yang punya segudang manfaat. Selain itu, perawatan kecantikan tradisional yang memakai bahan-bahan alami dianggap lebih aman bagi kulit.

Mau tahu apa saja warisan perawatan kecantikan tradisional dari lima daerah yang ada di Indonesia?

 

1.   Batimung

Siapa suka sauna? Nah, di Indonesia juga ada sauna tradisional yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Namanya batimung atau timung. Ritual ini memakai aneka campuran bahan-bahan alami, seperti akar wangi, minyak serai, daun jeruk purut, temu giring, melati, pandan serta kenang. 

Campuran bahan alami tersebut lalu direbus di dalam panci tertutup. Sambil menunggu rebusan panas, seluruh tubuh dilumuri dengan bedak dingin yang terbuat dari campuran beras hitam.

Kamu akan diminta duduk di atas kursi agak tinggi, lalu panci berisi air rebusan panas diletakkan di bawah kursi. Tutupi tubuh dengan kain tebal agar uap panas tidak keluar. Lakukan batimung selama 15 menit. Khasiatnya, membersihkan pori-pori tubuh dari kotoran sehingga kulit lebih sehat, lembut, cerah dan wangi. 

 

2.   Oukup

Mirip dengan batimung, oukup adalah perawatan sauna khas Batak Toba dan Karo. Bedanya, oukup dulu biasanya dilakukan untuk merawat tubuh setelah melahirkan. Saat disauna, tubuh ditutupi kain tebal khas Batak yaitu Ulos.

(Image: Instagram/@himsaifanah)

Ramuan rempah oukup yang mengandung jahe, kunyit, dan rempah lainnya membuat tubuh terasa lebih segar, peredaran darah lancar dan kulit lebih terlihat cerah.

 

3.   Ratus

Konon perawatan ratus ini rutin dilakoni Ken Dedes. Ratus adalah perawatan organ intim wanita dengan cara penguapan menggunakan campuran bahan-bahan herbal  seperti cendana, kenanga dan klobot.

Sama seperti sauna, bahan-bahan tadi direbus dan diletakkan di dalam panci di bawah kursi. Uap tersebut bermanfaat untuk menghilangkan bau tak sedap dari organ kewanitaan, memperlancar aliran darah, mengatasi keputihan. Perawatan ini masih dilakukan hingga kini, terutama bagi calon pengantin. 

 

4.   Boreh

Perawatan ini berasal dari Bali. Terbuat dari campuran serai, cendana, jahe, pala, cengkih, beras hitam, minyak kelapa dan lengkuas yang dihaluskan membentuk pasta. Balurkan ramuan ini pada seluruh tubuh sambil digosok-gosok perlahan. Diamkan hingga kering lalu bersihkan.

Khasiatnya boreh selain terasa hangat di tubuh adalah menghilangkan pegal-pegal, melancarkan peredaran darah, mencerahkan dan membersihkan kulit karena mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, lakukan boreh seminggu sekali.

 

5.   Lulur

Lulur yang berasal dari Jawa pada dasarnya mirip dengan boreh, hanya saja paduan rempah-rempahnya sedikit berbeda. Lulur dominan memakai bahan dasar kunyit yang fungsinya sebagai antibakteri dan antiseptic.

Biasanya bubuk lulur berwarna kekuningan. Anak gadis yang baru menginjak masa puber atau akan melangsungkan pernikahan biasanya melakukan perawatan lulur. Fungsinya, mengangkat sel-sel kulit mati, menghaluskan dan membuat kulit lebih bercahaya. Badan pun terasa lebih harum jika rajin memakai lulur.

Lebih nikmat jika sebelum melakukan luluran kamu mencoba pijat tradisional seluruh tubuh. Setelah itu, barulah oleskan lulur hingga merata. Dalam kondisi setengah kering, gosok-gosok perlahan hingga bubuk lulur yang bercampur kotoran rontok. Setelah itu mandilah dengan air hangat.

 

Wah, jadi gak sabar pengen me time nih guys.

 

Recommended Articles