13

AUG 19

Tim writer GoodLife

5 Superfood Lokal Ini Ternyata Baik Untuk Kesehatan 

Ada daun kelor!

Kesehatan tubuh sangat penting diperhatikan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi superfood. Tidak perlu cari yang susah-susah, banyak kok superfood lokal yang ada di sekitar kita.

 

1.  Daun Kelor

Nama Latinnya Moringa. Kaya akan vitamin (Vitamin C, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K, Vitamin B kompleks), fitonutrien, dan antioksidan yang melindungi organ-organ tubuh dari paparan radikal bebas serta anti-inflamasi. WHO bahkan menyarankan daun kelor sebagai solusi gizi buruk di negara-negara miskin. 

Daun kelor juga berkhasiat melancarkan ASI, tinggi kalsium, dan minyak daun kelor ternyata mengandung kolagen empat kali lipat lebih banyak ketimbang wortel.

 

2.  Ciplukan

Ciplukan adalah semacam buah khas Indonesia berwarna kuning, bulat dan kecil. Di supermarket biasanya ciplukan dijual masih dengan kelopaknya yang berwarna kehijauan di dalam kotak mika.

Meski ukurannya kecil, ciplukan kaya nutrisi sehingga laris diekspor ke luar negeri dan disebut dengan nama Pichuberry. Kandungan Vitamin C, D dan B12-nya cukup tinggi. Baik untuk kesehatan kulit, tulang, hingga memiliki sifat anti-kanker.

 

3.  Sukun

Sukun kaya protein nabati, serat, vitamin, antioksidan, kalsium, zat besi serta potassium. Kandungan karbohidrat dalam sebuah sukun berukuran besar bahkan bisa mencukupi kebutuhan karbohidrat 5 orang. Enggak heran buah yang di luar negeri dikenal dengan nama breadfruit ini menjadi sumber energi pilihan. 

Sukun yang sudah matang gurih dan empuk digoreng. Tetapi jika ingin lebih sehat kamu bisa mengukusnya dan menambahkan sedikit parutan kelapa muda. Sementara buah sukun muda bisa dijadikan sayur. 

 

4.  Ubi Ungu

Sejenis umbi-umbian ini naik daun karena dianggap makanan anti-aging. Ubi ungu tinggi Vitamin A, B, serat dan fosfor. Kandungan Vitamin C-nya pun tidak mudah rusak karena terlindungi oleh pati. 

Selain itu, patinya juga merangsang tubuh untuk memproduksi kolagen. Sementara kulitnya mengandung antosianin yang bisa menurunkan kadar gula darah dan baik untuk kesehatan jantung.

 

5.  Manggis

Buah manggis mengandung polifenol canthones yang ampuh untuk mengobati keluhan kardiovaskular dan penyakit degeneratif. Kandungan antioksidan katekin serta Vitamin C dalam kulit dan daging buah manggis baik untuk kecantikan kulit, terutama mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti kerutan, keriput, garis-garis halus, dan noda hitam.

Selain itu, manggis bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, antiradang, mengobati diare dan infeksi  kandung kemih serta meningkatkan metabolisme tubuh. 

Recommended Articles