15

AUG 19

Tim writer GoodLife

Untuk First Timer Traveling ke Banda Neira, Ini yang Harus Diperhatikan

Serpihan surga tersembunyi di timur Indonesia

Banda Neira memang belum sepopuler Raja Ampat atau Wakatobi. Tapi keindahan alamnya jangan diragukan. 

Selain pantai, kamu juga bisa menyelam karena kepulauan Banda Neira terkenal dengan pesona bawah lautnya yang menakjubkan.

Belum lagi kamu bisa wisata sejarah karena di sana masih berdiri beberapa bangunan saksi kejayaan Banda Neira sebagai pusat perdagangan rempah-rempah dunia. 

Untuk kamu yang baru pertama traveling ke Banda Neira, sebaiknya perhatikan hal berikut ini.

 

1.  Transportasi

Untuk menuju Banda Neira, kamu harus menggunakan jalur udara dan mendarat di Bandara Pattimura Ambon. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan kapal feri Pelni atau kapal cepat. Perlu diingat bahwa kapal Pelni dan kapal cepat ini tidak setiap hari ada jadwal pemberangkatan.

Untuk mengecek jadwal keberangkatan dan kepulangan kapal Pelni kamu bisa kunjungi situs resminya www.pelni.co.id . Di sana juga tertera harga tiketnya.

Sebenarnya dulu ada alternatif lain, yaitu menggunakan pesawat perintis Susi Air. Namun karena cuaca yang sering berubah cepat, kini jalur pesawat perintis itu sudah tidak ada.

Dari pelabuhan Ambon ke Banda Neira, perjalanan memerlukan waktu kurang lebih 6 jam perjalanan dengan kapal Pelni. Jadi kamu harus siapkan fisiknya dan jangan lupa bawa cemilan agar tidak kelaparan selama menuju Banda Neira.

 

2.  Eksplorasi Kota Sebelum ke Pulau-Pulau Kecil

Sebelum mengunjungi pulau-pulau kecil di sekitarnya, sebaiknya kamu eksplorasi Kota Banda Neira terlebih dahulu. Kotanya tidak terlalu besar, kamu bisa eksplorasi kota ini dengan becak.

Saat di kota, beberapa tempat yang wajib dikunjungi antara lain Benteng Belgica peninggalan Portugis atau gereja tua Hollandische Kerk yang dibangun tahun 1600-an. 

 

3.  Wajib Snorkeling

Seperti dijelaskan di awal bahwa Banda Neira punya wisata bawah laut yang menakjubkan. Jika kamu tidak bisa menyelam, paling tidak kamu wajib snorkeling di sini. Pulau yang tepat untuk snorkeling adalah Pulau Rhum karena terkenal memiliki terumbu karang dan jutaan spesies ikan yang sangat indah. Kamu juga bisa nyebrang ke Pulau Hatta, yaitu tempat pengasingan Bung Hatta. 

Untuk berkeliling ke pulau-pulau kecil, kamu bisa menggunakan public boat yang berjumlah 3 buah, yang beroperasi setiap hari. 

 

4.  Waktu yang Tepat

Disarankan kamu mengunjungi Banda Neira antara bulan September – Desember karena ombaknya relatif tenang sehingga memungkinkan kamu bisa pergi ke pulau-pulau kecil tadi. Di luar waktu tadi, biasanya ombak akan lebih tinggi dan tidak ada public boat yang mau mengantarkan kamu menyebrang antar pulau.

Mengunjungi tempat yang eskotis seperti Banda Neira, bisa bikin pikiran lebih fresh dan lebih bersemangat menghadapi hari-hari.

 

Recommended Articles