18

AUG 19

Tim writer GoodLife

Mengenal 5 Tipe Bos Dan Cara Menghadapinya

Lalu, seperti apakah tipe bos yang kamu temuin saat ini ?

Setiap karyawan tentu berharap dikenal dan direspons positif oleh bos atau atasan mereka. Yang sulit adalah menentukan bos kita ini termasuk tipe bos yang seperti apa. Menurut psikolog Daniel Goleman, ada 5 jenis bos.

 

1.  Visioner

Bos tipe Visioner tahu betul rencana terbaik bagi perusahaan di masa mendatang, meskipun mereka belum tentu tahu cara untuk mencapai tujuan tersebut. Oleh karenanya, mereka sangat membutuhkan tim yang mampu mengerti dan bisa menemukan cara untuk mencapai tujuan tersebut. Bos tipe Visioner juga sangat inspiratif dan mau berempati. Untuk menghadapi bos tipe ini, yang harus dilakukan adalah menunjukkan antusiasme, dengarkan baik-baik ide-ide mereka, catat baik-baik semua targetnya. Jangan lupa, bicaraan pilihan-pilihan solusi untuk mencapai tujuannya.

 

2.  Coach

Bos tipe ini mampu memotivasi dan memaksimalkan potensi karyawan dengan memberikan tantangan dan tujuan mana yang akan dicapai. Bos tipe satu ini sangat bisa memotivasi dan mempercayai karyawannya. Agar bisa diterima oleh bos tipe ini, sebaiknya jujur dan terbuka tentang masalah yang kamu hadapi. Tentukan tujuan yang realistis dan jelas yang bisa dicapai dan berani bertanggung jawab ketika menghadapi kegagalan.

 

3.  Terbuka

Bos tipe ini mampu menciptakan hubungan yang erat dan harmonis di dalam perusahaan. Mereka fokus pada kebutuhan emosional tim dan membantu mereka melewati situasi yang menekan. Untuk menghadapi bos tipe ini, kita harus mau bekerjasama dengan tim dan membangun relasi yang kuat dengan rekan kerja. Terimalah semua feedback dan masukkan dengan tangan terbuka.

 

4.  Demokratis

Bos yang demokratis menginginkan masukan dari setiap anggota timnya untuk memastikan bahwa kemajuan perusahaan akan bisa dicapai berdasarkan kolaborasi dan konsensus yang efektif. Bagaimana menghadapinya? Berikan opini yang jujur pada setiap meeting, dengarkan pendapat rekan kerja, dan jangan terburu mengambil keputusan sebelum benar-benar paham.  Kalau perlu, minta penjelasan sejelas-jelasnya.

 

5.  Berjiwa Komandan

Bos tipe komandan selalu memberikan arahan yang jelas dan tegas. Ia sangat menghargai semua pendapat meskipun ada anggota timnya yang tak sependapat dengannya. Cara terbaik menghadapi bos tipe ini adalah dengan mengerjakan semua yang ia tugaskan, fokus pada hasil akhir, jangan sekedar menyelesaikan tugas.

Recommended Articles