21

AUG 19

Tim writer GoodLife

5 Racikan Minyak Alami Untuk Perawatan Kulit Kering

Keep calm and DIY!

Kulit kering membuat tampilan dan aplikasi makeup kurang maksimal. Siasati dengan menggunakan lima racikan minyak alami berikut ini.

 

1.  Kulit Wajah Kering

MINYAK ARGAN DAN MINYAK ZAITUN

Minyak argan mengandung Vitamin E, asam lemak esensial, protein, omega 3 dan 6, alpha tocopherol yang melembapkan dan mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Sedangkan minyak zaitun kaya antioksidan dan pelembap alami.

Campur 1 sendok teh minyak argan dan 5-6 tetes minyak zaitun. Oles merata pada wajah, lalu pijat perlahan dengan gerakan memutar. 

 

2.  Kulit Bibir Kering

MINYAK KELAPA DAN SHEA BUTTER

Paduan kedua bahan ini mengatasi kulit bibir kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang berguna melembapkan kulit. Shea butter kaya vitamin A, E dan F yang dibutuhkan kulit untuk melindungi dari paparan sinar matahari.

Campur 1 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan shea butter. Panaskan di atas api kecil, aduk rata dan dinginkan. Oles bibir 1-2 kali setiap hari dengan campuran ini hingga kulit bibir terasa lebih lembut dan kenyal.

 

3.  Telapak Tangan Kering

MINYAK JOJOBA DAN MINYAK KELAPA

Telapak tangan kering bisa karena sensitif terhadap suatu produk. Kandungan vitamin E dan B kompleks, serta mineral seperti seng dan selenium pada minyak jojoba cocok untuk kulit sensitif. 

Campur 5-6 tetes minyak jojoba dan 1 sendok teh minyak kelapa. Oles pada telapak tagan 2 kali sehari.

 

4.  Siku dan Tumit Kering

MINYAK PEPPERMINT DAN PETROLEUM JELLY

Siku dan tumit kering sehingga terasa gatal dan iritasi. Atasi dengan minyak peppermint yang bermanfaat menghidrasi kulit dan meredakan gatal. Campur dengan petroleum jelly yang memberi kelembapan.

Caranya, campur 1 sendok teh petroleum jelly dengan 5-6 tetes minyak peppermint. Gosok perlahan pada bagian yang kering dan gatal. Cara ini aman dilakukan setiap hari.

 

5.  Kulit Tubuh Kering

MINYAK ALMOND DAN MINYAK ROSEHIP SEED

Minyak rosehip  seed kaya vitamin antioksidan, seperti vitamin C dan E, serta vitamin A yang menstimuli pertumbuhan sel-sel kulit baru dan melembapkan kulit. Sedangkan minyak almond kaya omega 3 dan bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif, bahkan bisa mengobati eczema dan psoriasis.

Gunakan campuran ½ sendok teh minyak almond dan 5-6 tetes minyak rosehip seed yang dioles langsung pada bagian kulit tubuh yang kering.

 

Selamat mencoba ya!

 

Recommended Articles