15

AUG 19

Tim writer GoodLife

Kemasan Onigiri di Jepang Sudah Menggunakan Plastik Ramah Lingkungan

Solusi diet plastik masa kini

Seperti yang dilansir dari laman city-cost.com, operator convenience store Seven-Eleven Japan Co. menyampaikan bahwa sejak tanggal 1 Juli 2019 mereka mulai menjual onigiri (nasi kepal) yang dibungkus dengan kantong plastik biomass. Hal ini seiring dengan tujuan mengurangi penggunaan material hasil sampingan bahan bakar fosil demi lingkungan.

Gerakan ini akan berdampak pada sekitar 2.2 milyar onigiri -- nasi putih yang pada dasarnya dibentuk segitiga dan dibalut nori (rumput laut) -- jumlah yang dijual dalam satu tahun, dan akan semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya perusahaan Jepang yang menerapkan plastik hasil tanaman di tengah maraknya himbauan pemerintah atas pengurangan limbah plastik untuk mengurangi polusi lautan.

Dengan mengganti sebagian bahan dasar pembungkus dengan bahan yang berasal dari batang tebu, Seven-Eleven memperkirakan hal ini dapat mengurangi penggunaan plastik sebanyak 260 ton dan memangkas emisi karbon sebanyak 403 ton per tahun.

Minggu lalu Ohsho Food Service Corp. juga mengumumkan bahwa mulai bulan depan mereka akan mengganti sedotan plastiknya dengan bahan biodegradable dan sendok plastik dengan plastik biomasa di 729 restoran mereka yang tersebar di seluruh Jepang.

 

Wah semoga menular ke waralaba di Indonesia yah, mengurangi penggunaan plastik dan beralih ke kantong plastik yang ramah lingkungan.

 

Recommended Articles