16

AUG 19

Tim writer GoodLife

Catat! Ini 5 Jadwal Festival Budaya yang Menarik Untuk Dikunjungi

Bisa siap-siap ambil cuti nih.

Dalam rangka untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, pemerintah menggelar berbagai festival budaya di berbagai daerah.

Festval budaya ini menunjukkan kearifan lokal dan warisan budaya yang unik dan khas. Dengan mengetahui ragam budaya Indonesia, kita akan menjadi pribadi yang selalu berpikir positif dan selalu bersyukur.

Berikut ini 5 jadwal festival budaya yang menarik untuk dikunjungi. Catat ya, supaya kamu juga bisa menyiapkan tiket, cuti, dan yang paling penting, budget.

 

Festival Pinisi, Bulukumba (12 - 15 September 2019)

Festival ini akan menampilkan kapal legendaris buatan suku Bugis, Pinisi, mulai dari proses pembuatannya hingga peluncurannya.

Pengunjung boleh menaiki kapal pinisi sekaligus bisa menikmati indahnya Pantai tanjung Bira. Selain tari-tarian, kamu juga akan disuguhkan pementasan dan aneka makanan khas Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Tahun ini, Festival Pinisi sudah memasuki usia ke-9 dan biasanya selalu ramai dikunjungi wiasatawan domestik maupun internasional.

 

Festival Bahari Raja Ampat (18 - 21 Oktober 2019)

Raja Ampat sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara. Keindahan alam, biru dan jernihnya air laut, serta pesona bawah lautnya membuat siapa saja penasaran ingin ke sana.

Untuk semakin menarik wisawatan, Festival Bahari Raja Ampat kembali digelar untuk yang ketujuh kalinya, 18-21 Oktober 2019.

Selain bisa puas menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga akan disuguhkan dengan seni tari dan budaya, serta kuliner khas seperti sate ulat sagu atau martabak sagu.

 

Wakatobi Wave (11 – 13 November 2019)

(Image: Instagram/@jeffryhanafiah)

Wakatobi menjadi salah satu destinasi favorit para traveller. Saat Wakatobi Wave, yaitu festival kebudayaan yang rutin digelar setiap tahun ini, kamu akan lebih puas berkunjung ke sini. Selain pesona laut, kamu juga akan disuguhi berbagai atraksi budaya dari pulau-pulau kecil sekitar Wakatobi.

Dijamin, acara ini akan menjadi ‘surganya’ para pecinta fotografi.

 

Festival Tanjung Kelayang, Belitung (15-19 November 2019)

(Image: travelerien.com)

Negeri Laskar Pelangi ini punya pantai dan laut yang sangat indah. Dan saat Festival Tanjung Kelayang, pengunjung enggak cuma puas memandangi laut dan bermain di pantai tetapi juga bisa menikmati kuliner hasil laut, melihat festival layang-layang, dan menyaksikan Bangka Belitung Fashion festival. 

 

Festival Danau Toba (9 - 12 Desember 2019)

Festival Danau Toba jadi salah satu festival yang paling banyak ditunggu. Semua kegiatan menarik akan diadakan selama festival ini, mulai dari kesenian tradisional, pertunjukkan budaya, olahraga tradisional, seperti balap perahu, kerajinan tangan, hingga kuliner khas Danau Toba.

(Image: eljohnnews.com)

 

Recommended Articles