08

AUG 19

Tim writer GoodLife

Spot Diving di Pulau Terluar Indonesia yang Eksotis

Petualangan seru di bawah air

Selain keindahan alamnya yang luar biasa, Indonesia juga memiliki pesona bahari yang enggak kalah indahnya. Pesona bawah laut Indonesia bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Untuk kamu yang suka diving dan ingin mencoba spot baru, mungkin bisa menyelam di pulau-pulau terluar Indonesia ini.

 

1. Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur

Pada tahun 2016, Pulau Alor mendapat juara pertama di ajang Anugerah Pesona Indonesia untuk kategori Most Popular Diving Spot.

Sedikitnya ada 20 spot diving sangat sangat indah di sini, misalnya Baruna’s Point, Captain’s Choice, The Refrigerator, Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, dan The Edge. Pemandangan bawah laut yang menakjubkan akan menemani kamu selama menyelam, muai dari aneka terumbu karang dan juga berbagai macam ikan aneka warna.

Selesai menyelam, kamu masih bisa menikmati keindahan pantai di sini sambil bersantai.

 

2. Pulau Rubiah Sabang, Aceh

Sebenarnya kamu enggak perlu diving untuk melihat biota laut. Pasalnya, saking jernihnya air laut di sini, kamu cukup snorkeling tapi sudah bisa melihat keindahan bawah laut sampai 15 meter.

Saat diving, kamu akan akan puas memandangi ikan-ikan cantik seperti ikan kepe-kepe, ikan wara, ikan sersan, ikan bitana biru, bunga lili laut, hingga terumbu karang yang sangat indah.

Spot terbaik untuk diving, antara lain Selako, Hot Spring, Limbu Gapang, Tien Place. Sementara untuk kamu yang hanya ingin snorkeling bisa memilih lokasi di belakang pulau karena tidak ada arus dan lebih berombak.

 

3. Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau

Semua pulau di Anambas memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang jernih. Spot menyelam di sini pun tergolong aman bagi bagi pemula karena arusnya terbilang cukup tenang.

photo: www.anambasnow.com

Menyelam di sini, mata kamu akan dimanjakan dengan biota laut berwarna-warni, terumbu karang yang masih sehat dan indah, serta jika beruntung akan bertemu ikan-ikan besar seperti ikan duyung atau ikan pari.

 

4. Nusa Barung, Jawa Timur

Pulau yang berada di ujung selatan terluar Indonesia ini langsung berhadapan dengan Samudra Hindia. Untuk menyelam, disarankan di pagi hari saat arusnya masih tenang dan tidak terlalu jauh karena arus Samudra Hindia terlalu kuat.

Di sini kamu bisa menikmati biota laut yang masih sehat dengan beraneka warna ikan dan terumbu karang.

photo: @rio_karunia_bakti Instagram 

 

5. Dolangan, Toli-Toli, Sulawesi Tengah

Pulau ini terletak di antara batas Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Spot diving di Dolongan sudah sangat terkenal, terutama terumbu karangnya yang disebut sangat bagus dan indah.

Oleh karena terumbu karangnya sehat, banyak ikan dan hewan laut lainnya berkumpul di sini. Membuat pemandangan surga bagi para penyelam.

photo: www.steemit.com

Recommended Articles