27

AUG 19

Tim writer GoodLife

Ini Cara Menikmati Liburan di Taman Nasional Baluran

Welcome to little Africa in Java

Taman Nasional Baluran ini terletak di antara wilayah Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Salah satu taman nasional di Indonesia ini juga dikenal sebagai minatur Africa di Pulau Jawa. True! Kamu gak perlu urus visa untuk melihat hewan liar berkeliaran di taman ini, dan lagi kamu bisa sekalian belajar sejarah. Salah satu nya adalah Goa Jepang yang merupakan peninggalan jaman penjajahan Jepang, yang dahulunya sebagai tempat bertahan dan penyimpanan amunisi.

Satu hari rasanya kurang cukup untuk mengeksplorasi Taman Nasional Baluran (TNB) yang luasnya mencapai kurang lebih 25.000 hektar ini. Tapi tenang, di dalam kawasan TNB ini sudah tersedia akomodasi penginapan yang bisa kamu gunakan. Tarifnya pun terbilang sangat ekonomis.

Nah, untuk mengeksplorasi TNB yang sangat luas itu, kamu perlu panduan sederhana agar perjalanan kamu selama di sana bisa maksimal.

 

1.  Taman Nasional Baluran terbagi dari 3 zona inti, yaitu Evergreen, Bekol, dan Pantai Bama.

Melewati gerbang TNB, kamu langsung memasuki zona evergreen, yaitu kawasan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Jangan lupa untuk berfoto di kawasan ini. Banyak spot yang bisa dijadikan latar berfoto karena pemandangan hutannya yang memang sangat eksotis.

 

2.  Savana Bekol

(Image: Romy Palar Kanya)

Padang rumput yang luas menjadi daya tarik utama wisatawan ke TNB. Pilih waktu menjelang sore untuk berada di sini karena kamu akan mendapat pemandangan yang super eksotis, padang rumput dengan semak-semak liar, serta latar Gunung Baluran. Jika beruntung, kamu akan bertemu dengan kawasan rusa, merak, dan monyet.

 

3.  Melihat Satwa Liar dari Pepohonan

Untuk yang penasaran melihat kehidupan satwa liar di savana Bekol, kamu bisa menaiki pepohonan besar yang ada di sana. Pihak TNB sudah menyediakan papan kayu di atas pohon yang bisa kamu naiki untuk melihat satwa, sekadar berfoto atau menunggu sunset.

Pohon besar dengan papan kayu tersebar di savana Bekol ini di beberapa titik.

 

4.  Naik ke Menara Pandang

(Image: www.travelingyuk.com)

Selain pohon, kamu juga bisa lebih melihat seluruh kawasan TNB dengan menaiki menara pandang milik polisi hutan. Untuk ke menara pandang ini, kamu harus menaiki bukit di belakang pos polisi hutan.

Kamu bisa leluasa mengedarkan pandangan ke seluruh savana Bekol nan eksotis.

 

5.  Hutan Bakau

Melewati savana Bekol, kamu akan menuju area pantai Bama. Namun sebelum benar-benar sampai di pantai, kamu bisa berjalan-jalan di hutan bakau. Di sini kamu bisa melihat hutan bakau yang sangat indah dan bisa menjadi latar foto yang menakjubkan.

Berjalan lebih jauh ke arah pantai, kamu akan menemui jembatan yang pasti sayang untuk dilewatkan berfoto di sini. Intagramable banget.

 

6.  Bermain Pasir di Pantai Bama

Selain menyuguhkan pemandangan alam hutan, satwa liar, dan bukit, TNB juga punya pantai sendiri yang indah lho, namanya pantai Bama. Air laut yang bening dan ombak yang cenderung tenang, cocok kalau kamu ingin berenang atau snorkeling.

Jadi, sudah kebayang dong kalau ke TNB, kamu bakal mendapat pengalaman traveling yang tak akan pernah terlupakan?

Selain bisa me-resfresh pikiran, traveling juga membuat tubuh banyak bergerak seperti berolahrga.

Recommended Articles