02

SEP 19

Tim writer GoodLife

Beda Gaya Belanja Pria dan Wanita Milenial

Survei menunjukkan wanita milenial ternyata lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli baju, sementara pria lebih banyak untuk makan dan hiburan. Hmm setujukah Goodpeeps?

 

Survei yang dilakukan SmartAsset tahun 2017 menunjukkan perbedaan gaya pengelolaan keuangan pada generasi milenial lajang, khususnya dalam hal mengalokasikan budget. Namun, dalam hal investasi, mereka hanya mampu menyimpan 10% dari penghasilan mereka untuk tabungan. Kategori lainnya menunjukkan variasi prioritas pengeluaran antara pria dan wanita milenial lajang. Simak perbedaannya dari beberapa kasus di bawah ini:

 

Tempat Tinggal

Generasi milenial yang belum menikah cenderung memilih mengontrak atau menyewa rumah maupun apartemen ketimbang membeli properti. Pengeluaran mereka nyaris sama, rata-rata menghabiskan 36% dari total budget mereka untuk urusan tempat tinggal, termasuk membeli perlengkapan rumah, perabot, furnitur, dan biaya operasional maupun perawatan sehari-hari. 

 

Makan

Milenial lajang lebih banyak makan di luar dari pada makan di rumah. Ternyata pria lebih banyak mengeluarkan budget untuk makan di luar dibandingkan wanita dengan perbandingan 52% (perempuan) dan 64% (pria). Saat makan di rumah, wanita lebih memilih menu diet sehat (buah dan sayuran) sementara pria lebih banyak makan menu daging, ikan dan ayam/telur.

 

Transportasi

Selain tempat tinggal dan makan, milenial juga mengeluarkan uang untuk transportasi. Dibandingkan wanita, pria lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli kendaraan, baru maupun bekas, dibandingkan wanita. Besarnya bisa dua kali lipat budget yang dikeluarkan wanita. Tetapi, untuk urusan asuransi kendaraan, wanita ternyata lebih peduli. Mereka mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan pria untuk urusan membeli produk asuransi mobil.

 

Kesehatan

Untuk urusan kesehatan, milenial lajang mengeluarkan sekitar 4,5% dari total budget mereka. Secara keseluruhan, wanita lebih banyak mengeluarkan uang untuk kesehatan. Tetapi pria lebih banyak mengeluarkan uang untuk obat dan jasa medis seperti rontgen dan konsultasi. Lain halnya jika berkaitan dengan perawatan diri, pengeluaran wanita lebih besar dibandingkan pria.

 

Entertainment dan fashion

Yang juga menyita banyak budget adalah entertainment alias hiburan. Pria lebih banyak mengeluarkan uang untuk menonton hiburan audio visual dibandingkan wanita, termasuk video games. Uniknya, memelihara binatang peliharaan dimasukkan juga ke dalam kategori entertainment. Nah, kalau untuk urusan binatang peliharaan, budget wanita lebih banyak dibandingkan pria.

Untuk urusan fashion, pengeluaran wanita lebih banyak. Mereka menghabiskan 5% dari budget untuk membeli aparel, khususnya baju. Uniknya, jika menyangkut sepatu, budget pria  maupun wanita tak berbeda jauh.

 

Kalau kita baca hasil survey diatas bukanlah sesuatu hal yang mengejutkan, tetapi dengan adanya informasi tersebut bisa menunjukan fakta bahwa tidak semua orang harus mengikuti budget plan yang sama. Untuk mengimbangi situasi dimana kamu harus hemat, tetapi juga butuh bersenang-senang, kamu harus tahu bagian mana  yang bisa spending money secara royal, dan bagian mana yang harus dikurangi.

Nah, hanya kamu lah yang bisa menentukan batasan dalam menghabiskan uang tersebut. Karena pada akhirnya apa yang kamu anggap penting dalam hidup, itulah yang akan membuat kamu bahagia. Ini juga berarti dalam hal menginvestasikan waktu dan uang dalam aktivitas yang spesifik.

 

Kalau kamu, lebih suka menghabiskan banyak uang untuk apa? 

Recommended Articles