26

AUG 19

Tim writer GoodLife

3 Kebiasaan Kecil Ini Berbahaya Bagi Kesehatan Lho!

Break the bad habits!

Mungkin ada beberapa hal yang biasa kamu lakukan atau tidak lakukan setiap hari ternyata tidak sesuai dengan upaya kamu untuk menjadi hidup lebih sehat. Saat kamu membaca daftar kebiasaan sehari-hari yang ternyata salah, jangan terlalu keras pada diri sendiri dan berharap akan mengubah kebiasaan buruk sekaligus.

Kunci sukses adalah perlahan mengaplikasikan perubahan ke dalam hidup kamu sehari-hari, sesekali lupa tidak masalah karena yang lebih penting adalah kita berusaha untuk kembali tidak mengulangi. 

 

Banyak kebiasaan kecil yang tanpa kita sadari berakibat negatif bagi kesehatan. Berikut 3 kebiasaan kecil yang sebaiknya dihentikan, seperti disampaikan dr. Febri Kurniawati, Sp.PD, spesialis penyakit dalam dari RS Medika Permata Hijau.

 

1. Mengorek telinga

Kebiasaan ini bisa menyebabkan infeksi pada telinga, apalagi jika kita mengorek terlalu dalam ke lubang telinga. Telinga memang bisa kotor, baik oleh kotoran maupun cairan di dalam telinga yang disebut serumen. Nah, serumen ini jika tidak dibersihkan dalam waktu lama akan mengeras dan menghalangi lubang telinga. Akibatnya bisa mengganggu fungsi pendengaran serta menjadi tempat bersarangnya kuman.

Membersihkan telinga boleh-boleh saja asalkan hanya bagian luar saja. Jangan terlalu masuk ke dalam lubang telinga karena semakin dalam, lubang telinga akan semakin mengecil. Terlalu dalam membersihkan maupun mengorek-ngorek telinga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Lebih baik konsultasikan dengan dokter spesialis THT.

 

2. Telat makan

Kesibukan sering kali membuat kita lupa atau mengabaikan waktu makan. Akibatnya, lambung akan kosong terlalu lama sehingga asam lambung naik dan menyebabkan nyeri pada ulu hati. Asam lambung memiliki sifat iritatif yang memicu rasa nyeri, apalagi jika lambung terlalu lama kosong.

Sebaiknya jaga pola makan, hindari lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak 3 jam sekali lambung harus terisi. Selain jadwal makan pagi, siang dan malam, di antara ketiga waktu makan tersebut boleh diisi dengan makan selingan.

 

3. Malas cuci tangan

Kelihatannya sepele tapi tak boleh diabaikan. Ya, mencuci tangan sangat penting bagi kesehatan. Pasalnya, tangan merupakan sumber bakteri dan kuman paling banyak. Tangan juga merupakan sumber penularan bakteri, mulai dari berjabat tangan, memegang benda yang terinfeksi virus maupun bakteri, dan sebagainya.

Sebaiknya cuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas dengan menggunakan sabun. Badan Kesehatan Dunia (WHO) pun telah mencanangkan 7 langkah mencuci tangan yang benar yang mampu mengeradikasi bakteri maupun kuman penyebab infeksi.

 

 

Recommended Articles