31

AUG 19

Tim writer GoodLife

Siapkan 3 Hal Ini Saat Menjalin Cinta Beda Warga Negara

Sebelum melangkah ke arah yang lebih serius, yaitu jenjang pernikahan, persiapkan tiga hal ini saat kamu menjalin cinta dengan pria atau wanita beda warga negara.

 

1.  Faktor Hukum

Menurut Denrich Suryadi, M.Psi., Psikolog, faktor utama adalah pertimbangkan hukum kedua negara tentang pernikahan. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan atau ada pihak yang mengambil keuntungan.  “Misalnya, ada orang yang menikah hanya untuk mendapatkan kewarganegaraan pasangan. Itu artinya hanya manfaatin,” terang Denrich.

Aspek hukum lainnya adalah bagaimana perlindungan hukum negara tersebut terhadap perkawinan. “Ada negara yang sangat mengikat terhadap pernikahan. Misalnya, anak akan masuk warga negara salah satu pasangan, lalu bagaimana jika terjadi perceraian. Jadi sebaiknya pelajari dulu, konsultasi dengan orang-orang yang mengerti hukum pernikahan di negara asing,” saran Denrich.

 

2.  Faktor Budaya

Ini termasuk perbedaan bahasa, tata cara, pola pikir dan norma. Dengan pasangan sendiri awalnya pasti terkaget-kaget, tetapi lama kelamaan pasti bisa adaptasi.

Nah, permasalahan berikutnya adalah dengan kedua keluarga besar. “Culture shock-nya pasti lebih besar. Misal ada komentar, ‘Kok setelah nikah sama si A pakai bajunya jadi lebih terbuka ya.’ Nah, komentar keluarga yang seperti ini lama-lama bisa jadi ‘racun’ dalam hubungan.”

Belum lagi jika pasangan memiliki dua agama yang berbeda. Jangan sampai salah satu pihak berpindah agama hanya karena demi bisa menikahi, sementara ajaran agamanya tidak dilakukan.

Saran Denrich, usahakan agar kedua keluarga saling toleran dan terbuka, sehingga hubungan berjalan lebih sehat.

 

3.  Faktor Status Anak

Perlu pertimbangan juga faktor status anak jika sudah menikah nanti. Anak akan diasuh dalam multi bahasa dan multi cultural. “Ada kemungkinan anak punya dua kewarganegaraan dan dia memilih tinggal di salah satu negara.

Nah, apakah kita siap suatu saat pindah atau tinggal berjauhan?” 

Recommended Articles