07

SEP 19

Tim writer GoodLife

Masakan Nusantara Banyak Yang Sehat Lho! Dubes Jepang Aja Suka

Say hello to kakek online kita...

Coba deh buka akun Instagram @jpnambsindonesia. Kamu bakal menemukan banyak sekali postingan foto-foto sesosok laki-laki Jepang paruh baya yang selalu berbatik. Di meja kerjanya ia terlihat tengah menikmati makan siang dengan menu aneka makanan tradisional Indonesia. 

Pose dan captionnya lucu, belum lagi properti yang digunakan sangat unik sehingga banyak netizen jatuh hati. Dia tak lain adalah Dubes Jepang Masafumi Ishii. “Saya memang suka sekali makanan khas Indonesia,” terang Masafumi dikutip dari salah satu situs berita nasional.

Mau tahu apa saja menu favorit Masafumi? 

1.  Pepes Tahu

Yang pertama adalah masakan khas Sunda, seperti pepes tahu, pepes jamur, tumis cumi pete, sayur daun pepaya, tumis oncom leunca, balado terong, tempe goreng, sayur asem. “Saya bisa makan banyak karena banyak sayurnya,” tukas Masafumi.

 

2.  Soto Ambengan

(Image : @jpnambsindonesia)

Pada postingan berikutnya, dubes Jepang ini memposting menu lunch nya yaitu soto ayam Ambengan khas Surabaya berisi suwiran daging ayam, telur, bihun, irisan kubis yang disiram kuah kaldu ayam yang berwarna kuning pekat. Saat akan disantap, biasanya dicampur perasan jeruk nipis dan bubuk koya yang gurih.

Masafumi mengaku sangat menyukai soto ambengan karena kelezatan kuahnya yang lebih kental setelah ditaburi bubuk koya. Ternyata, koya terbuat dari parutan kelapa, tumbukan kerupuk udang dan bawang putih. Pantas saja rasanya gurih dan bikin ketagihan.

 

3.  Se’i Sapi

(Image :@jpnambsindonesia)

Se’i adalah daging yang dimasak dengan cara diasap. Kata “se’i” berasal dari bahasa Rote yang artinya daging yang diiris tipis memanjang. Berbeda dengan daging asap pada umumnya, daging se’i diolah dengan aneka rempah tradisional, dibungkus daun kosambi, lalu diasap menggunakan kayu kosambi selama 9 jam.

Lauk khas Kupang ini disajikan bersama tumis bunga pepaya dan sambal lu’at yang terbuat dari cabai, jeruk nipis dan daun lu’at. “Enaaak sekali,” cetus Masafumi.

.

4.  Cakalang Fufu

(Image: @jpnambsindonesia)

“Kata Fufu dalam bahasa Jepang untuk mengekspresikan sesuatu yang lucu sekali. Fufufu…,” bahas Masafumi soal menu khas Manado.

Cakalang fufu berupa ikan cakalang (tongkol) yang dibumbui, diasap hingga empat jam dan dijepit dengan kerangka bambu. Cara menghidangkannya, bisa digoreng dan disantap dengan sambal dabu-dabu khas MInahasa. Bisa juga dibuat suwiran rica-rica atau pelengkap mi goreng. 

Saking populernya, cakalang fufu sering dijadikan oleh-oleh khas buat wisatawan yang berkunjung ke Manado. 

 

5.  Nasi Goreng Pete

(Image: @jpnambsindonesia)

Menurut Masafumi, meski berbau tajam pete rasanya enak sebab orang Jepang terbiasa menyukai makanan berbau khas, seperti natto (kacang kedelai fermentasi).

 

6.  Nasi Campur Bali

(Image: @jpnambsindonesia)

Laper berat? Coba saja nasi campur Bali yang terdiri dari beberapa macam lauk, yaitu suwiran ayam bumbu bali, sayuran urap, lawar ayam, sate lilit, taburan kacang tanah goreng, serta sambal matah atau sambal embe. 

Masafumi sendiri sangat menyukai sate lilitnya yang lembut dan berbumbu. Sate lilit terbuat dari cincangan daging yang dicampur parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Tidak seperti sate umumnya, adonan sate lilit dilekatkan pada batang tebu atau bambu lalu dipanggang di atas arang.

 

Di antara makanan ini apa ada yang belum kamu cicipi? Jangan mau kalah sama dubes Jepang yah goodpeeps, beliau saja hampir setiap hari mencicip aneka makanan khas Indonesia yang kaya rasa dan bumbu. Kamu juga bisa manjakan lidah sekaligus melestarikan kuliner Nusantara.

Brb, cari makanan di ojek online.





Recommended Articles