05

AUG 19

Tim writer GoodLife

Fakta Tentang Mi Shirataki Yang Sangat Baik Bagi Kesehatan

Miracle noddles from Japan, ZERO CARBS!

Bagi kamu yang suka hidangan mi, jenis mi yang satu ini layak dipilih. Pasalnya, selain sehat, juga mampu menurunkan berat badan.

 

Mi shirataki (shirataki noodle) sering disebut juga dengan “miracle noddles” karena manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan. Terbuat dari glukomanan, sejenis serat yang diambil dari akar tanaman porang yang tumbuh di wilayah Cina, Jepang, dan Asia Tenggara, ini mengandung sangat sedikit karbohidrat.

 

Shirataki berasal dari bahasa Jepang yang berarti “white waterfall” atau “air terjun putih” yang menggambarkan penampilan mi shirataki yang putih transparan. Mi shirataki dibuat dengan mencampurkan tepung glukomanan dengan air dan sedikit air lemon untuk menjaga bentuknya. Adonan ini kemudian direbus dan dibentuk menjadi mi atau butiran kecil seperti beras.

 

Kandungan air mi shirataki hampir mencapai 73%, sisanya 3% merupakan serat glukomanan. Selain itu, mi shirataki juga sangat rendah kalori dan tidak mengandung karbohidrat sederhana. Varian mi shirataki yang cukup terkenal di Jepang adalah tofu shirataki. Mirip dengan mi shirataki, hanya saja ditambah tofu untuk menambah kalori dan sedikit karbohidrat sederhana.

 

Glukomanan merupakan serat pangan yang sangat baik, mampu menyerap air dan membentuknya menjadi semacam gel. Mi shirataki akan diproses sangat lambat di dalam pencernaan sehingga membuat kita merasa kenyang serta memperlambat penyerapan nutrisi ke dalam aliran darah.

 

Serat pangan ini juga berfungsi sebagai prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik yang hidup di dalam usus besar. Serat pangan ini akan difermentasikan oleh bakteri baik menjadi asam lemak rantai pendek yang sangat baik bagi kesehatan, membantu melawan inflamasi, serta meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

 

Studi yang dilakukan baru-baru ini memperkirakan fermentasi ini menghasilkan 1 kalori asam lemak rantai pendek per gram serat pangan. Jadi, satu sajian mi shirataki mengandung sekitar 1-3 gram glukomanan sehingga bebas kalori dan karbohidrat.

 

Mi shirataki juga membantu menurukan berat badan karena membuat kita tidak cepat lapar sehingga mengurangi jumlah makanan yang kita konsumsi. Fermentasi serat menjadi asam lemak rantai pendek juga menstimulasi pelepasan hormon pencernaan yang meningkatkan perasaan kenyang. 

Recommended Articles