13

SEP 19

Tim writer GoodLife

Ingin Jaga Jarak Dengan Teman, Tapi Bingung Caranya?

Friends forever!.... or not?

Kadang, kita juga butuh waktu hening.

Berada di tengah teman-teman memang terasa lebih rame dan seru. Bisa bercanda dan berbagi cerita yang menarik. Namun ada kalanya kamu mungkin ingin menjaga jarak.Saat kamu merasa sudah terlalu ‘penuh’ dan ingin sendiri, mungkin inilah saatnya untuk ‘menjauh’ sesaat dari hiruk pikuk pertemanan.

Setidaknya kamu bisa lebih tenang ketika menjaga jarak bisa mencari tahu apa ada yang salah dengan kamu atau apa bisa hubungan pertemanan ini bisa diperbaiki?

Terkadang, memberi jarak dengan teman bisa membuat kamu punya waktu untuk memikirkan diri sendiri. Kamu bisa mengatur apa goal kamu selanjutnya dan memikirkan bagaimana cara melakukannya. Namun jika kamu tipikal teman yang lemah lembut mungkin akan kebingungan gimana caranya meisahkan diri dari mereka.

Nah, supaya tetap bisa menjaga jarak pertemanan dengan baik tanpa merasa terasing, kamu bisa lakukan hal berikut ini.

 

1.  Lakukan Bertahap

Lakukan secara bertahap agar tidak ada teman yang merasa heran atau curiga dengan sikap kamu yang mendadak menjauhi mereka. Misalnya, kamu bisa mulai dengan membatasi memberi respon pada posting-an mereka di sosmed.

 

2.  Hindari Bicara Hal Penting Atau Pribadi

Biasanya kita berbicara hal apapun dengan teman dekat termasuk kisah pribadi. Jika kamu ingin jaga jarak, coba hindari berbicara penting atau membuka rahasia. Dengan begitu, kamu tidak terlalu memiliki keterikatan yang kuat dengan mereka dan sebaliknya.

 

3.  Batasi Diri

Jika selama ini kamu selalu pergi makan siang bersama, mulailah sesekali untuk absen makan siang bersama. Ini hanya masalah waktu bahwa kamu tifak ingin mengandalkan satu sama lain. J

 

4.  Late Respond

Beri jeda waktu untuk membalas telepon atau pesan singkat dari mereka. Jika pun harus memberi respon, batasi hanya seperlunya saja.

 

5.  Sibukkan Diri

Kamu bisa menyibukkan diri dengan melakukan hobi atau hal-hal yang selama ini ingin kamu lakukan namun belum sempat.

 

Sebelum melakukan hal di atas. coba pikirkan kenapa kamu ingin menjaga jarak dengan mereka. Karena di dalam pertemanan jika kita sudah menjaga jarak, agak cukup sulit untuk memperbaiki hubungan seperti tidak terjadi apa-apa. Bahkan jika kamu ingin berbicara lagi setelah "masa dingin" persahabatan kamu tidak akan kembali jika kamu sempat memutuskan komunikasi.

Tapi, jika kamu merasa mereka menjadikan mu sebagai teman favorite dan tidak ingin merasa terasing, cobalah untuk menerima kekurangan dan kelebihan masing-masing lalu jalinlah hubungan yang panjang. Ingat, semakin kita dewasa, pertemanan semakin sedikit. 

 

 

Recommended Articles