22

SEP 19

Tim writer GoodLife

Ini Variasi Makanan Yang Patut Kamu Coba Biar Gak Bosan

Bikin hemat karena dari satu adonan

"Hufth menu makanan yang itu-itu saja bikin makan jadi enggak semangat."

Kamu pernah mengalaminya?

Wah! Mungkin sudah saatnya kamu memasak sendiri di rumah. Dengan begitu kamu bisa coba-coba menciptakan makanan-makanan baru yang bisa mendongkrak selera makan.Tidak perlu menu yang susah-susah, yang penting kamu suka.

Misalnya, mengkreasikan 1 adonan resep untuk menu makan pagi dan makan siang, seperti sup creamy macaroni dan pasta macaroni, tumis daging dan shepherd pie…hmm, apa lagi ya?

 

1.  Bakso Kuah dan Perkedel Daging

Daging kaya protein, vitamin serta mineral yang bermanfaat memperkuat daya tahan tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Cocok banget sebagai menu sarapan dan makan siang.

(Image: Romy Palar)

Siapkan daging giling, air kaldu, bubuk pala, garam, merica, telur, keju dan tepung roti kasar.

Sarapan Bakso Daging Keju: Aduk daging, pala, garam, merica dan telur sampai rata. Ambil sedikit lalu pipihkan, taruh keju di dalamnya lalu bentuk bola. Rebus di air kaldu hingga mendidih.  

Makan Siang Perkedel Daging: Sisa adonan bakso bentuk bulat lalu pipihkan. Celupkan dalam telur kocok lalu gulingkan di atas tepung roti. Goreng sampai matang.

 

2.  Creamy Macaroni dan Pastry Macaroni

Bosan makan nasi? Kamu bisa menggantinya dengan pasta macaroni yang tinggi karbohidrat. Pilih yang terbuat dari gandum utuh akan lebih baik untuk pencernaan.

(Image: Romy Palar)

Bahan yang dibutuhkan adalah kulit pastry siap pakai, kuning telur, wijen hitam buat taburan, macaroni kecil, cincangan bawang bombay dan bawang putih, daging giling, garam, tomat pasta, saus tomat, cooking cream, basil, parutan keju.

Sarapan Creamy Macaroni:  Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna. Masukkan tomat pasta, saus tomat, garam, merica, cooking cream, basil. Aduk sampai meresap lalu angkat. Tambahkan keju parut.

Makan Siang Pastry Macaroni: Potong-potong kulit pastry segi empat 10cm lalu isi dengan sebagian adonan macaroni tadi. Lipat dua menjadi segitiga. Oles kuning telur dan taburi wijen hitam. Panggang sampai matang. 

 

3.  Tumis Daging dan Shepherd Pie

Kentang yang kaya karbohidrat, vitamin serta mineral ini enggak cuma enak digoreng, lho. Coba deh dibikin shepherd pie.

(Image: Romy Palar)

Pertama, kamu siapkan dulu bahan-bahan kulit pie berupa kentang kukus yang sudah dihaluskan, susu bubuk, keju parut, kuning telur. 

Lalu, untuk isinya ada daging giling, bawang bombay, paprika merah potong kotak, wortel potong kotak,  garam, merica, kecap inggris, pala bubuk, kacang polong.

Sarapan Tumis Daging: Tumis bawang bombay, masukkan daging giling, aduk sampai berubah warna. Masukkan paprika, wortel, garam, merica, kecap inggris, dan pala bubuk. Aduk sampai matang. Tambahkan keju dan kacang polong. Aduk rata. 

Makan Siang Sheperd Pie: Aduk rata semua bahan kulit berupa kentang kukus yang sudah dihaluskan, susu bubuk, keju parut, kuning telur. Kemudian tata tumisan daging sisa sarapan tadi di dalam pinggan tahan panas, lalu tutup dengan adonan kulit. Oles kuning telur lalu panggang selama 20 menit sampai permukaan kecokelatan. 

>>>>

Enak-enak, kan? Anti bosan dan tentu lebih praktis karena sekali memasak kamu bisa dapat dua menu makanan. Saatnya menuangkan kreativitas di atas piring…Voila!

Recommended Articles