02

OCT 19

Tim writer GoodLife

Mugicha! Minuman Teh Asal Jepang Yang Wajib Kamu Ketahui

Kenalan dulu yuk...

Minum teh tak bisa dilepaskan dari budaya masyarakat Jepang. Enggak heran jika Jepang memiliki banyak jenis teh dengan kualitas dan manfaat yang berbeda. Jika berlibur ke Jepang, kamu bisa dengan mudah menemui teh di toko atau pada mesin penjual minuman otomatis. Ada banyak varian teh Jepang, salah satunya ada mugicha.

 

Mugicha atau dikenal juga dengan barley tea adalah minuman yang diolah dari biji barley atau jelai (sejenis gandum) yang dipanggang dan kemudian diekstrak. Minuman ini pun aman dikonsumsi oleh anak-anak karena mugicha tidak mengandung kafein dan biasanya menjadi minuman favorit saat musim panas. 

 

Uniknya di Negara Jepang minuman ini hanya muncul pada musim panas saja.  Biasanya orang Jepang menyukai mugicha yang disajikan dalam kondisi dingin, membuat tubuh serasa segar kembali. Gak heran kalau selama musim panas mereka sengaja menyediakan banyak botol muchiga di lemari es. Karena selain melepas dahaga, mugicha ternyata memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh lho. 

 

Nutrisi yang Baik Untuk Wanita

Mugicha bisa juga disebut sebagai minuman efektif untuk wanita karena membuat kulit menjadi lebih indah dari dalam tubuh. Yah, teh tersebut banyak mengandung nutrisi baik, di antaranya:

  • Asam Amino adalah komponen untuk membuat protein dan fungsi lain yang dapat meningkatkan kekuatan otot dan pemulihan dari kelelahan
  • Iron teh barley juga mengandung banyak zat besi yang dapat membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengangkut karbondioksida yang tidak dibutuhkan ke paru-paru
  • Kalium adalah nutrisi yang mengatur jumlah air dalam tubuh dan mengontrol kerja otot. Ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi gara,m ini akan membantu mengeluarkan natrium dan menstabilkan tekanan darah

Gak sampai di situ saja, mugicha juga mempunya segudang manfaat lain yang membuat kamu ingin mencobanya sekarang juga, antara lain:

1.  Antioksidan

Kandungan antioksidan pada mugicha bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak kesehatan.

2.  Anti-aging

Selain mengandung antioksidan, mugicha juga mengandung selenium, yang bisa menjaga kadar kolegen dalam tubuh dan meningkatkan regenerasi kulit yang telah mati. Selenium juga membantu kulit menjadi lebih halus dan mengecilkan pori-pori.

3.  Meredakan Stres

Sering mengonsumsi mugicha juga dipercaya bisa memberi efek menenangkan dan meredakan stres. Selain itu, mugicha juga bisa meningkat fokus dan memperbaiki mood.

4.  Menjaga Imun Tubuh

Dalam mugicha terdapat zat anti jamur dan bakteri. Jika meminumnya secara rutin, bisa menjaga imun tubuh dan menangkal bakteri yang masuk ke tubuh.

5.  Mencegah Anemia

Mugicha juga dapat membantu meningkatkan produksi sel-sel darah merah. Sehingga baik untuk mencegah anemia dan bagus diminum oleh orang yang mengidap darah rendah.

6.  Membantu Menurunkan Berat Badan

Kalori yang terkandung dalam mugicha sangat rendah. Oleh karena itu sangat baik dijadikan sebagai minuman di sela-sela aktivitas. Selain itu, mugicha juga kaya akan serat dan memberi efek kenyang lebih lama. Jadi bisa mencegah kamu untuk makan berlebihan.

7.  Memperlancar Aliran Darah

Bagi kamu yang lebih banyak bekerja sambil duduk atau kurang bergerak, minum mugicha ini bisa membantu memperlancar aliran darah.

Karena Indonesia mempunyai iklim tropis, rasanya sangat cocok kalau kita mencoba minuman sehat ini. Apalagi di kota metropolitan polusi udara sudah sangat memprihatinkan, kesehatan kita harus dijaga salah satunya dari minuman. Bingung cari minuman mugicha dimana? coba kunjungi minimarket terdekat, harga nya lebih murah dari minuman boba kamu kok. And enjoy your drink.

 

Recommended Articles