21

SEP 19

Tim writer GoodLife

Setelah Lari Coba Makan Ini Supaya Berat Badan Cepat Turun

Mission accomplished!

Lari termasuk salah satu olahraga favorit untuk menjaga kesehatan, rekreasional, hingga menurunkan berat badan. Selain murah, lari sangat simpel karena tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di komplek rumah atau di tempat-tempat umum yang gratis, seperti di Gelora Bung Karno (GBK) atau taman-taman kota. Itung-itung cari sehat sekalian hang out bareng teman plus cuci mata.

Nah, buat kamu yang pengin lari demi menurunkan berat badan tentu wajib memerhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi. Bukan hanya makanan sebelum lari, tetapi juga setelahnya. Sebab ternyata makanan yang dikonsumsi setelah lari pun berpengaruh pada penurunan berat badan. 

Mau tahu apa saja jenis makanannya? Buat Goodpeeps, ini nih contekannya.

Salad Bit

Bit mengandung nutrisi, rendah kalori dan kaya serat sehingga bisa mengontrol rasa lapar. Selain itu bit tinggi dietary nitratetes, yaitu sejenis komponen yang membantu tubuh memproduksi molekul penting untuk kesehatan pembuluh darah (nitric oxide), meningkatkan performa lari serta menunda kelelahan akibat lari. 

Coba campur potongan bit kukus, irisan bayam dan arugula, lalu taburi parutan keju. Buat sausnya kamu bisa mencampur balsamic vinegar, garam dan sedikit merica bubuk.

Mau yang lebih bikin kenyang? Tambahkan campuran tadi dengan telur rebus atau irisan salmon sebagai booster protein.

 

Semangka

Pengen post-run snack? Semangka bisa jadi pilihan. Kalorinya rendah dan 91%nya berupa air sehingga tubuh kamu nggak dehidrasi. Komponen citruline dan likopennya membantu tubuh memproduksi nitric oxide yang menunda kelelahan setelah lari dan mengatasi radang otot. 

Setelah capek berlari, seger banget pasti mengunyah potongan semangka. Bisa juga dicampur beberapa buah dan sayuran, seperti tomat ceri, irisan bawang bombai, arugula dan keju feta. Dressingnya cukup olive oil dan perasan jeruk nipis. Segeeer!  

 

Omelet Sayuran

Kembalikan energi kamu dengan makanan tinggi vitamin, mineral, lemak sehat, dan protein seperti telur. Kombinasikan dengan bahan-bahan low calorie seperti sayuran. 

Coba deh buat omelette dengan menambahkan irisan bayam segar, tomat, bawang bombay, jamur serta keju. 

 

Apel/Pisang dan Selai Kacang

Karbohidrat alami dari apel atau pisang dan lemak dari selai kacang akan bersinergi untuk mengatasi rasa kelelahan setelah lari serta mengontrol rasa lapar sepanjang hari.

Tapi ingat ya Goodpeeps, selai kacang itu tinggi kalori jadi cukup gunakan 2 sendok makan. 

 

Alpukat

Satu cup potongan alpukat mengandung hampir dua kali potassium pada pisang. Komponen ini penting banget untuk membuat kamu tetap berenergi dan terhidrasi setelah kehilangan banyak keringat. 

Nutritionist dan peneliti University of Chester, Inggris Albert Matheny mengatakan, avokad juga kaya asam lemak sehat yang berguna untuk menurunkan berat badan. 

 

Frozen Berries

Workout bisa menimbulkan stress pada pada tubuh. Maka sesudahnya kamu wajib merecharge tubuh dengan asupan tinggi antioksidan untuk mengatasi kerusakan oksidatif tersebut, salah satunya berries, seperti strawberry, blueberry, blackberry, raspberry, dan sebagainya.

“Makan berries setelah olahraga sangat baik karena pada saat itu tubuh paling mudah menyerap nutrisinya,” saran Matheny.

Jika sulit mencari yang fresh, lanjut Matheny, konsumsi saja yang beku karena kandungan antioksidannya (polyphenols) bahkan lebih tinggi dibanding yang fresh. 

>>>>>

Untuk hasil maksimal coba lakukan olahraga lari rutin 2-3 kali seminggu, goodpeeps. Jangan lupa konsumsi makanan-makanan tadi setelahnya. Mungkin penurunan berat badannya enggak akan drastis, tetapi asal konsisten pasti akan berhasil mencapai target. Semangat!

 

Baca Juga: Ikut Lomba Lari? Ini Tips Memilih Running Shoes





Recommended Articles