26

SEP 19

Tim writer GoodLife

Aloe Vera: Si Runcing Yang Bisa Bikin Awet Muda 

Percaya gak kalau lidah buaya (Aloe vera) punya banyak manfaat kesehatan. Yuk, cari tahu apa saja?

Tanaman lidah buaya atau aloe vera berasal dari benua Afrika dengan bentuk daun  memanjang, runcing, dan duri di sisi daun. Tanaman ini kaya kandungan enzim, asam amino, mineral, dan vitamin dan sudah digunakan untuk pengobatan sejak zaman Mesir Kuno. Lalu apa manfaatnya bagi tubuh kita?

 

1.  Mengandung antioksidan

Lidah buaya mengandung antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan antioksidan polifenol pada lidah buaya membantu menahan perkembangan bakteri penyebab infeksi. 

2.  Mengobati luka bakar

Pernah mengalami tangan terkena api kompor saat di dapur? Nah, gel lidah buaya bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Ini karena lidah buaya memiliki efek meredakan peradangan dan luka pada kulit. Tentu tak semua luka bakar bisa diatasi dengan lidah buaya. Lidah buaya efektif untuk luka bakar grade 1 atau 2.

3.  Mencegah plak gigi

Gigi berlubang atau gangguan pada gusi merupakan masalah yang dialami banyak orang. Lidah buaya membantu mencegah gigi berlubang dengan membunuh bakteri Streptococcus mutans penyebab plak. Studi menunjukkan jus lidah buaya murni sama efektifnya dengan cairan pembersih mulut yang mengandung chlorhexidine.

4.  Menyembuhkan sariawan

Setiap orang pasti pernah mengalami sariawan. Nah, lidah buaya bisa mempercepat kesembuhan sariawan, sekaligus mengurangi rasa sakit yang muncul akibat sariawan. 

5.  Menghentikan sembelit

Kandungan aloin atau barbaloin pada lidah buaya membantu mengatasi sembelit karena efek laksatif atau pencahar yang ditimbulkan. 

6.  Memperlambat penuaan

Banyak bukti yang menunjukkan bahwa gel lidah buaya membantu memperlambat penuaan kulit. Pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 3 perempuan berusia lebih dari 45 tahun, pemakaian gel lidah buaya terbukti meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki elastisitas kulit. Penelitian lainnya menemukan bahwa lidah buaya juga mengurangi erythema atau ruam kulit (kulit kemerahan).

7.  Mengatur kadar gula darah

Di masa lalu, lidah buaya juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk diabetes, meskipun penelitian lebih lanjut masih harus dilakukan untuk memastikan manfaatnya bagi penderita diabetes.

Dengan manfaat yang begitu banyak, gak heran kalau saat ini produk-produk kecantikan banyak menggunakan aloe vera untuk kandungannya. Biasanya dalam berbentuk gel, yah gel aloe vera ini memang memberikan efek menyegarkan, sekaligus sebagai antibakteri dan antiinflamasi. 

Kamu bisa mencoba beberapa produk gel lidah buaya yang cukup laris di pasaran dan tentu saja harga bersaing. Antara lain produk lokal Wardah Aloe Hydramild Multifunction Gel yang diperkaya oleh Triple Humectant System untuk melembabkan kulit serta menyejukannya, atau Benton Aloe Propolis Soothing Gel yang sudah dilengkapi kandungan propolis sebagai antibakteri dan bisa dibilang best seller produk aloe vera yaitu Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera  yang mengklaim mengandung 92% Soothing Gel.

 

Atau kamu punya rekomendasi merk lain goodpeeps?

 

Recommended Articles