19

SEP 19

Tim writer GoodLife

Ternyata Mandi Setiap Hari Tidak Bagus Untuk Kulit. Benarkah?

Team jarang mandi pasti happy nih

Mandi itu baik bagi kesehatan. Tapi benarkah mandi setiap hari justru tak bagus? 

Bagi sebagian orang, mandi itu ibarat minum kopi. Mereka tak bisa memulai hari tanpa ngopi. Sebagian yang lain menjadikan mandi sebagai cara untuk melepas penat dan rileks setelah seharian beraktivitas.

Akan tetapi, menurut Dr. Ranella Hirsch, mandi setiap hari sebetulnya tak bagus. Pasalnya, mandi bisa mengganggu proses alamiah yang terjadi pada kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, mandi juga dianggap sebagai pemborosan air, sementara sebagian orang lain di dunia susah mendapatkan air. Apa lagi dampak buruk mandi setiap hari?

 

1.  Tubuh tak selalu kotor

Apakah kamu pergi ke gym setiap hari, atau bekerja di perusahaan kimia? Jika ya, tentu kamu harus membersihkan tubuh setiap hari. Menurut Gurl.com, mandi setiap hari sebetulnya lebih didorong oleh tekanan sosial, bukan karena tubuh yang memang kotor. Lagipula, kulit punya cara efektif sendiri untuk membersihkan diri. 

 

2.  Kita butuh bakteri baik

Membersihkan kulit, apalagi dengan berbagai jenis sabun, justru membuat bakteri baik yang bertugas menjaga kulit supaya tetap sehat mati. Bakteri ini bekerja layaknya perisai untuk melawan bakteri jahat. Bakteri ini juga membantu membuang racun yang berasal dari sabun, sampo, parfum, dan produk perawatan tubuh lain. 

 

3.  Rambut jadi kering

Mandi dan keramas setiap hari bisa melenyapkan minyak alamiah pada rambut sehingga membuat rambut kusam, kering, dan berantakan. Andrea L. Hayden, Direktur International Association of Trichologists menyarankan, keramas cukup dilakukan paling banyak 2 kali seminggu, khususnya jika rambut tipis atau rusak. Tentu saja kamu boleh keramas setiap hari jika seharian beraktivitas di udara terbuka yang terik dan kotor. Selebihnya cukup pakai kondisioner untuk menjaga kelembapan rambut.

 

4.  Sel kulit terkelupas 

Mandi dengan air hangat dalam waktu lama bisa membuat kulit terkelupas dan kering. Air hangat (atau panas) juga membuat minyak alami pada kulit terbuang. Padahal minyak inilah yang menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. WebMD merekomendasikan, jika pun haus mandi setiap hari, sebaiknya durasi mandi tidak terlalu lama (kurang dari 10 menit). 

Yang paling tepat tentu saja menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan jenis aktivitas yang kamu lakukan. Mandi tetap penting karena membuat tubuh bersih dan sehat. Jadi hari ini kamu mau tetap mandi apa engga?

Recommended Articles