24

SEP 19

Tim writer GoodLife

Mengenal Bawang Dayak, Si Merah yang Kaya Antioksidan

Mungkin belum banyak yang tahu, tak hanya digunakan untuk memasak, bawang merah ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan juga. Nah, salah satu jenis bawang merah yang kita bisa ambil contohnya adalah bawang Dayak.

Kenapa namanya bawang Dayak? Yah, karena bawang ini memang di ambil dari Suku Dayak asli Pulau Kalimantan yang sudah lama melestarikan bawang untuk obat alami berbagai penyakit.

Bawang yang banyak ditanam di wilayah Kalimantan Barat ini memiliki penampilan yang tak berbeda jauh dengan bawang merah biasa, hanya saja ukurannya lebih kecil. Warnanya juga lebih terang. Seperti yang dilansir oleh hellosehat.com bawang Dayak ternyata juga tumbuh di beberapa daerah Amerika latin diantaranya daerah Brazil, bagian selatan Meksiko dan di hutan hujan Amazon.

Penelitian menunjukkan, bawang yang satu ini kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid, alkaloid, saponin, tanin, dan sebagainya.

Antioksidan inilah yang mampu melawan pertumbuhan virus dan bakteri dan mencegah penyakit seperti di bawah ini.

 

1.  Meningkatkan metabolisme

Metabolisme sangat penting bagi tubuh karena tanpa atau kurangnya metabolisme akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Nah, bawang Dayak bisa membantu meningkatkan  metabolisme tubuh. 

 

2.  Sebagai senyawa antiradang

Kandungan flavonoid pada bawang Dayak berfungsi sebagai senyawa anti-inflamasi atau anti-radang, misalnya untuk untuk penyakit peradangan seperti radang sendi. 

 

3.  Membantu mengontrol tekanan darah

Senyawa asilin yang terdapat pada bawang Dayak ternyata mampu membantu mengontrol tekanan darah dan kekentalan darah. 

 

4.  Menurunkan kadar gula darah

Flavonoid dan saponin adalah 2 senyawa yang terdapat pada bawang Dayak. Kedua senyawa ini berperan membantu menurunkan kadar gula darah. 

 

5.  Menjaga sistem reproduksi

Bawang Dayak mengandung berbagai senyawa yang bagus bagi kesehatan, termasuk untuk melindungi sistem reproduksi perempuan seperti mencegah keputihan, menjaga siklus mens supaya teratur, serta mengurangi kram saat mens. 

>>>>

Nah, setelah tahu manfaatnya, kamu dapat mengonsumsi bawang Dayak dengan banyak cara salah satunya dijadikan acar atau manisan, sebagai bumbu masak, di seduh dan atau bahkan di makan utuh. 

Lalu bagaimana untuk pengobatan? Dalam hal ini obat herbal mempunyai peranan penting juga, tapi ada baiknya tidak dijadikan prioritas melainkan sebagai sampingan pengobatan. Tetap harus dikonsultasikan oleh Dokter yah goodpeeps untuk penanganan lebih lanjut.

Recommended Articles