05

OCT 19

Tim writer GoodLife

Manjakan Lidah Dengan Wisata Kuliner Di Semarang. Wajib Cicip!

Hey, pecinta makan boleh dicoba nih....

Kalau bebicara tentang kuliner di nusantara, rasanya satu buku tebal Harry Potter pun gak akan cukup membahasnya. Tentu saja, karena keanekaragaman adat dan budaya kita itu sangat banyak yang menjadikan jenis makanan di Indonesia bervariasi. Coba kita tengok restoran di kota-kota besar, akan sangat mudah menemukan ragam masakan ala nusantara, seperti masakan Padang, masakan Ambon dll. 

Bagi kamu yang suka memasak pun, dengan hanya melihat mesin pencari google, ribuan resep nusantara terpampang nyata, tinggal ambil resep yang kamu inginkan deh. Nah, tapiii.. kalau kamu sedang berkunjung ke suatu tempat gak ada salahnya loh kamu mencoba mencicipi makanan langsung di daerah aslinya, sekalian kamu bisa membantu perekonomian orang daerah juga. Karena ada beberapa tempat makanan di daerah yang sudah tercium kepopulerannya di social media. Biasanya langganan para food bloggers juga nih. Wah

Kali ini GoodLife akan kasih kamu rekomendasi kuliner legendaris yang sudah sangat terkenal di kota lumpia ini alias kota Semarang. Apa aja?

 

1.  Babat Gongso Pak Karmin

Warung babat gonsi Pak Karmin pertama kali buka pada tahun 1971. Hebatnya, cita rasa babat gongso enggah pernah berubah dan bikin siapapun ingin kembali mencicipi babat yang ditumis menggunakan bumbu khas dan kecap ini.

(image : @bubueataway_instagram)

Jika ingin mencoba babat gongso Pak Karmin disarankan siap menunggu lebih lama makanan datang karena memang sangat ramai pengunjung.

Alamat:  Jalan Pemuda, dekat Jembatan Berok

 

2.  Nasi Gandul Pak Memed

Sepintas, nasi gandul mirip rawon atau semur. Dalam seporsi nasi gandul, kamu akan mendapat nasi yang disiram dengan kuah kecokelatan dan kuah yang bisa kamu pilih sendiri seperti daging sapi atau jeroan.

Cara penyajiannya pun menggunakan alas dan sendok dari daun pisang. Di Semarang, nasi gandul yang terkenal dan legendary adalah nasi gandul Pak Memed.

Alamat: Jalan Dr. Cipto 12A.

 

3.  Lumpia Gang Lombok

Salah satu makanan khas Semarang adalah lumpia. Rasanya belum lengkap ke Semarang tanpa mencicipi jajanan yang satu ini. Salah satu lumpia legendaris yang punya citarasa unik dan enak dibanding lumpia lain adalah Lumpia Gang Lombok.

(image : www.goodindonesianfood.com)

Kios lumpia yang terletak tak jauh dari Klenteng Tay kak Sie ini buka dari pukul 08.00 – 17.00 setiap harinya. Tapi karena selalu ramai pembeli, biasanya selalu sudah habis atau tutup lebih cepat.

Alamat: Jalan Gang Lombok no. 11

 

4.  Es Puter Cong Lik

Selain makanan, Semarang juga punya kuliner minuman yang legendaris, yaitu es puter Cong Lik. Nama ini adalah kependekan dari kacong cilik karena si pemilik dulu pernah menjadi pembantu orang Jepang.

Menurut beberapa sumber, es puter Cong Lik sudah berjualan sejak tahun 1984. Selain bisa menyegarkan di siang hari, es puter Cong Lik juga memiliki varian rasa yang nikmat seperti alpukat, kacang, durian, leci, sirsak, dan blewah.

Alamat: Jalan Ahmad Dahlan A no.11

 

5.  Tahu Gimbal Pak Edi

Tahu gimbal juga jadi salah satu makanan yang wajib kamu cicipi ketika berada di Semarang. Satu porsi tahu gimbal berisi potongan lontong, gimbal (bakwan udang), irisan kol yang semuanya disiram dengan bumbu sambal kacang.

(image : @delicious_smg_instagram)

Tahu gimbal Pak Edi menawarkan citarasa yang lebih enak dan khas karena menggunakan petis di dalam olahan sambal kacangnya.

Alamat: Jalan Pandanaran II Shelter Taman KB

>>>>>

Wisata kuliner di Semarang memang enggak ada habisnya yah goodpeeps. Tapi jangan lupa, setelah puas wisata kuliner, ketika sudah beraktivitas normal, kamu harus kembali menjalani pola hidup sehat dan jangan lupa untuk olahraga nya dong. Makan enak, olahraga harus jalan terus!

 

Recommended Articles