26

SEP 19

Tim writer GoodLife

Ide Camilan Anti-Takut, di Bawah 100 Kalori!

Snack timeee!!

Snacking time atau mengemil adalah kegiatan yang sah-sah saja karena bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk memberikan nutrisi tambahan ke dalam diet kamu dan mencegah makan berlebihan di jam makan siang. 

Menurut penelitian pada Februari 2010 yang diterbitkan oleh "The Journal of Nutrition" mengatakan sekitar 97% orang Amerika yang mengemil, bisa mendapatkan rata-rata 24% kalori dari camilan mereka. Berdasarkan hal tersebut snacking menyediakan banyak kalori/hari yang merukan opsi hidup sehat yang penting. Selain itu apa aja ya manfaat mengemil?

  • Mencegah makan berlebihan
  • Menjaga kadar gula darah stabil
  • Menyediakan nutrisi
  • Pertimbangan

Pertimbangan yang dimaksud adalah jangan kamu mengemil sebelum makan dan hanya snacking jika benar-benar lapar. Kamu bisa memikirkan kembali, hasrat ingin snacking karena bosan atau memang benar-benar lapar? Snacking yang didasari oleh emotional eating dapat menyebabkan makan berlebih dan berat badan bertambah. Jumlah kalori di dalam camilan pun seharusnya hanya sekitar 100 kalori atau di bawah itu. 

Nah, GoodLife coba rangkum apa aja nih cemilan di bawah 100 kalori agar perut tak lagi keroncongan.

1.  Popcorn 

Popcorn dikenal sebagai camilan rendah kalori. Enam cup popcorn hanya memiliki kandungan 100kalori. Kandungan seratnya juga membuat kita merasa kenyang lebih lama.

 

2.  Biskuit keju

Kombinasi biskuit gandum dengan keju rendah lemak memberi kita kalsium dan protein yang kita butuhkan. Kandungan kalorinya pun masih di bawah 100kalori.

 

3.  Kacang almond

Kacang-kacangan, misalnya kacang almond, mengandung serat dan protein. Selain rendah kalori, camilan ini juga praktis. Tapi jangan kebanyakan, ya, cukup 14 butir kacang almond sebagai camilan. Nilai kandungan proteinnya kurang dari 100 kalori, kok.

 

4.  Pretzel

Pretzel juga bisa menjadi camilan sehat dengan kandungan kalori di bawah 100 kalori. Enam batang pretzel hanya mengandung kurang dari 100 kalori dengan kandungan serat lebih dari 3 gram.

 

5.  Apel bakar

Sebutir apel sehari adalah resep kesehatan lama yang sepertinya masih patut dipertahankan. Kali ini variasikan dengan membuat apel bakar yang dilengkapi balutan cinamon. Kandungn vitamin dan seratnya sama dengan sebutir apel segar.

 

6.  Blueberry smoothie

Selain enak, smoothies buah juga mengandung kalsium dan antioksidan yang sangat baik. Salah satu yang layak dicoba adalah smoothies blueberry. Suhu dinginnya juga akan membuat kita minum pelan-pelan sehingga lebih bisa menikmati cita rasanya.

 

7.  Edamame

Edamame kaya protein dan serat. Sepertiga porsi edamame mengandung lebih dari 8 gram protein dan 4 gram serat. Sepuluh persen kebutuhan zat besi bisa tercukupi dengan konsumsi edamame sebanyak 1/3 cup. 

 

8.  Apel iri selai kacang

Masih soal apel. Kali ini apel iris dengan olesan selai kacang. Ambil 2 sendok teh selai kacang lalu oleskan ke potongan apel. Kandungan kalorinya tak lebih dari 100 kalori.

 

9.  Yogurt 

Sumber protein lainnya adalah yogurt. Ambil setengah cup yogurt non fat rasa plain, lalu tambahkan sesendok teh biji bunga matahari. Camilan ini mengandung tak lebih dari setengah gram lemak jenuh dan protein yang akan membantu meraxa kenyang.

 

10.  Pisang beku

Tak sulit membuat frozen banana pop (pisang beku) sendiri. Tusukkan stik ke pisang yang sudah dikupas, balur dengan yogurt low fat, lalu masukkan ke freezer. Total kalorinya hanya 80 kalori.

 

Namun lain hal jika kamu menggunakan camilan sebagai pengganti makan, menurut rekomendasi dari MayoClinic.com cobalah utuk memakan camilan yang kalorinya sedikit lebih besar yaitu mengandung sekitar 250 kalori.

 

Baca Juga : Ini Loh, Camilan Yang Sebaiknya Ada di Kulkas

Recommended Articles