30

SEP 19

Tim writer GoodLife

Untuk Jerawat Hingga Pasta Gigi, Apa Sih Kelebihan Arang Aktif Itu?

Arang yang dimaksud adalah bukan arang biasa untuk membuat bara api. Melainkan arang aktif yang berasal dari karbon dan zat arang yang dihasilkan dari bahan-bahan alami. Manfaatnya beragam, mulai detoks hingga buang jerawat.

Di laman Goop miliknya, aktris Gwyneth Paltrow mengklaim bahwa arang aktif sangat baik untuk detoksifikasi. Itu beberapa tahun lalu, ketika arang aktif belum seheboh sekarang. Walaupun sampai saat ini masih menjadi perdebatan, apakah arang aktif bagus untuk detoks, kini arang aktif hadir dalam berbagai bentuk seperti pil atau bubuk.

Arang aktif tidak berbau, berwarna hitam, terbuat dari beberapa bahan alami seperti batok kelapa, kayu, biji zaitun, dan lainnya, yang dipanaskan dan dioksidasi. Perbedaan arang aktif dengan arang biasa adalah, pada arang aktif, karbon aktif sudah diaktifkan dengan cara diproses pada suhu yang sangat tinggi. 

Lantas apa kelebihan arang aktif dibandingkan arang biasa? Arang aktif dikenal memiliki beragam manfaat kesehatan maupun kecantikan, 6 di antaranya ada di bawah ini.

 

1.  Memutihkan gigi

Mungkn karena sifatnya yang mampu menyerap racun, arang aktif dikatakan mampu membersihkan dan memutihkan gigi. Arang aktif juga mampu menghilangkan aroma tak sedap mulut dan menjauhkan gangguan gigi lainnya.

 

2.  Mengatasi keracunan makanan

Selama ini mungkin hanya manfaat arang aktif inilah yang diketahui orang banyak. Ya, arang aktif bisa membantu mengatasi keracunan makanan dengan cara menyerap racun-racun tersebut. Meski begitu tidak semua racun mampu diserap arang aktif.

 

3.  Kembung 

Gas yang berlebihan di dalam lambung bisa memicu masalah kesehatan seperti kembung. Nah, arang aktif membantu mengatasi kelebihan gas di dalam pencernaan tadi. Ia juga bisa mengikat produk yang memicu gas berlebihan tadi. 

 

4.  Mengatasi diare

Selain membantu menyerap gas, arang aktif juga bisa membantu meredakan diare. Racun dan  bakteri penyebab diare akan diserap oleh karbon aktif dan dikeluarkan bersama feses. Tak heran jika feses kemudian berwarna hitam akiat konsumsi arang aktif.

 

5.  Menurunkan kadar kolesterol

Meski masih perlu penelitian lebih lanjut, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi arang aktif juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

 

6.  Menghilangkan jerawat

Arang aktif ternyata juga ampuh untuk mengatasi gangguan-gangguan pada kulit, salah satunya jerawat. Arang aktif bekerja dengan cara masuk ke pori-pori dan menarik kotoran yang diakibatkan oleh polusi, pemakaian make up, maupun bakteri. 

Arang aktif sekarang ini sudah banyak diperjual-belikan di drug-store Indonesia apalagi di e-commerce, tetap baca lebih detail tentang kandungan dan review produk yah goodpeeps agar tidak salah membeli arang.

Selain itu, meski memiliki banyak manfaat, perlu diketahui juga bahwa arang aktif akan mengikat kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan pada makanan. Akibatnya nutrisi dan vitamin tak bisa diserap oleh tubuh. Ada baiknya tetap perhatikan pola makan, gaya hidup sehat, dan olahraga cukup supaya tubuh selalu sehat.

Recommended Articles