28

SEP 19

Tim writer GoodLife

Beberes Rumah Bisa Membuat Umur Panjang, Benarkah?

Yang paling malas di rumah, tunjuk tangan!

 Beres-beres rumah atau mengerjakan pekerjaan rumah ringan lain ternyata baik bagi kesehatan. Bahkan, riset menunjukkan bahwa urusan beres-beres ini bisa memperpanjang usia hingga 39%! What?!

 

Sebuah riset yang dipublikasikan di Journal of the American Geriatrics Society menemukan fakta bahwa resiko kematian perempuan di atas 65 tahun akan berkurang selama mereka masih suka melakukan aktivitas fisik ringan. 

“Banyak pekerjaan rumah yang dilakukan sehari-hari yang bisa membantu meningkatkan kesehatan, misalnya melipat baju, membuang sampah ke tempat sampah, atau menata meja tamu,” kata Andrea LaCroix dari University of California, San Diego, AS.

Meskipun kegiatannya terlihat sepele, tetapi urusan beres-beres rumah ini ternyata sudah menyita 55% aktivitas harian. Lebih jauh, studi itu menemukan bahwa aktivitas fisik ringan selama 30 menit akan mengurangi resiko kematian hingga 12%, sementara 30 menit waktu tambahan untuk melakukan aktivitas fisik sedang, seperti bersepeda santai atau berjalan cepat, bisa mengurangi resiko kematian hingga 39%.

“Meningkatkan level aktivitas fisik bisa sama efektifnya dengan aktivitas fisik yang dilakukan untuk mencegah penyakit kronis,” lanjut Andrea. “Paradigmanya harus diubah. Kita tak perlu harus berlari marathon agar sehat.”

Meski survei ini diikuti oleh perempuan-perempuan berusia lanjut, tetapi pesan yang diperoleh adalah pentingnya aktivitas fisik, sekalipun “hanya” menyapu lantai atau menjemur pakaian. 

Decluttering seperti yang dilakukan Marie Kondo pun bisa menjadi pilihan. Selain menyenangkan, aktivitas ini juga sangat menyehatkan. Tentu tak harus seisi rumah yang dibereskan, cukup urusan kecil-kecil saja seperti merapikan baju atau merapikan perlengkapan makan. 

Jadi, selain tubuh tetap sehat dan panjang usia, baju serta perabot makan kesayangan pun akan lebih tertata rapi. 

>>>

Mumpung weekend nih, beberes rumah dulu yuk.

Recommended Articles