13

NOV 19

Tim writer GoodLife

Selain Sit Up, Olahraga Ini Bisa Bikin Perut Six Pack

Plank for lyfe...

Ingin punya perut six pack? Olahraga pertama yang muncul di pikiran kamu pasti sit up. Benar gak?

Padahal, untuk mempunyai perut six pack, enggak hanya sit up kok. Masih ada jenis olahraga lain yang juga membantu membentuk otot, terutama di daerah perut dan pinggang.

Menurut dr Sophia Hage, SpKO, untuk menurunkan persentase lemak, selain harus melakukan olahraga kekuatan otot, juga harus tetap melakukan olahraga yang sifatnya cardio atau aerobic.

“Untuk membantu membentuk otot bagian perut, kita harus tetap melakukan olahraga yang sifatnya cardio supaya metabolisme kita naik. Kalau metabolisme kita naik maka tubuh akan membakar lemak dengan lebih mudah,” jelas Sophia.

Makanya selain sit up, kata Sophia, kamu juga bisa melakukan gerakan ini agar perut six pack. 

 

1.  Bersepeda

Gerakan bersepeda adalah kombinasi yang tepat untuk pembakaran lemak dan pembentukan otot perut. Selain otot paha, otot perut juga ikut bergerak dan mengikis timbunan lemak di sekitar perut.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan bersepeda di jalanan yang menanjak agar lebih banyak lemak yang terbakar dan otot yang bekerja lebih kuat.

 

2.  Jogging

Jogging adalah cara yang praktis untuk membakar lemak. Sementara untuk membentuk otot perut, yang harus kamu lakukan adalah rutin berlari dan dikombinasikan dengan sesi high-intensity interval training (HIIT) seperti sprint atau trail running serta diet tinggi protein, rendah karbohidrat.

 

3.  Leg Raise

Gerakan leg raise bisa melatih kekuatan otot perut bagian bawah. Dengan posisi tidur, letakkan kedua tangan di samping tubuh. Lalu angkat kedua kaki secara bersamaan hingga 90 derajat lalu turunkan lagi tapi jangan menyentuh lantai, kemudian angkat lagi hingga vertikal.

(image: traineatgain.com)

Lakukan gerakan ini dalam beberapa set.

 

4.  Crunch

Gerakan crunch hampir mirip dengan gerakan sit up karena sama-sama dilakukan dalam posisi berbaring. Bedanya, posisi kaki gerakan crunch tidak menyentuh lantai tetapi diangkat bersama-sama tubuh bagian atas.

Letakkan kedua tangan di belakang kepala lalu bawa ke arah dada seperti sit up, bersama-sama dengan kedua kaki yang diayuhkan ke atas seperti mengayuh sepeda.

 

5.  Plank

Gerakan plank seperti papan yang lurus. Dalam posisi telungkup, gunakan siku dan lengan bawah serta ujung jari sebagai tumpuan. Lalu angkat tubuh hingga lurus selama 20 detik lalu kembali ke posisi semula.

Kesalahan umum yang biasanya dilakukan adalah menahan posisi plank selama mungkin. Padahal cukup 20 detik, istirahat, lalu kembali lakukan gerakan plank selama 20 detik.

 

So, buat kamu yang mendambakan perut six pack, masih ada variasi gerakan olahraga lain yang bisa kamu lakukan selain sit up. Sedikit tips dari Sophia, “Saking semangatnya melakukan sit up 50-100 kali sehari, tapi setelah itu enggak bisa berdiri. Jadi mending dibagi-bagi porsi gerakannya."

Gimana? mau coba goodeeps?

 

Recommended Articles