11

OCT 19

Tim writer GoodLife

Multitasking Tak Selalu Produktif ?

Benarkah ada orang yang bisa menyelesaikan beberapa tugas sekaligus pada waktu yang bersamaan atau yang kerap disebut multitasking?

“Prinsipnya, tak ada orang yang bisa melakukan banyak hal dalam waktu yang persis bersamaan, atau yang sering disebut multitasking. We do the job one by one. Cuma, memang ada orang yang mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat,” kata Elly Nagasaputra, MK, CHt., konseling keluarga dari www.konselingkeluarga.com

Perempuan biasanya lebih bisa fokus ketika harus menyelesaikan beberapa tugas. Lihat saja ibu kita di rumah. Sambil menyiapkan pakaian sekolah anak, beliau bisa lho, menyiapkan bekal anak, sambil sesekali menengok HP, mengecek sampai dimana posisi pengantar makanan yang ia pesan. Tentu tidak dalam waktu yang sama persis. Ada jeda. Dan lihatlah, wajah ibu tak terlihat panik atau tegang sedikit pun.

Di kantor pun serupa. Karyawan perempuan lebih bisa melakukan berbagai tugas pada saat yang hampir bersamaan. Ini berbeda dengan pria. “Mereka lebih tidak nyaman ketika dihadapkan pada beberapa tugas sekaligus. Biasanya mereka akan melakukan pekerjaan satu demi satu dulu sampai beres, baru melakukan pekerjaan berikutnya,” kata Elly.

Yang jelas, “Nggak semua orang bisa multitasking. Akan lebih baik jika satu tugas diselesaikan lebih dulu, baru pindah ke tugas lain karena ini akan mempengaruhi fokus. Seringkali juga malah tidak produktif,” lanjutnya. Itu sebab, sekarang banyak orang atau perusahaan yang lebih suka meng-hire profesional atau expert yang memang menguasai satu bidang.

Meski begitu, semua dikembalikan ke masing-masing. Karakter setiap orang berbeda-beda. Ada orang atau karyawan yang tipenya memang harus menyelesaikan tugas satu demi satu, tetapi ada juga yang bisa menyelesaikan beberapa tugas dalam waktu hampir bersamaan, dengan syarat harus diberi deadline misalnya. 

“Yang baik adalah bekerja sesuai karakter. Jika kita merasa bisa lebih fokus dan maksimal bekerja dalam tekanan, ya lakukan itu. Atau jika kita merasa tak bisa megerjakan banyak tugas dalam waktu hampir bersaaan, sebaiknya pilih pekerjaan yang tidak menuntut seperti itu,” ujar Elly menyarankan.

Oleh karenanya, sangat penting untuk membuat perencanaan. “Plan your work. Jangan langsung dikerjakan semuanya. Dilihat lebih dulu, mana yang lebih prioritas, berapa lama kira-kira bisa diselesaikan. Kalau plannya sudah benar, then stick to it,” saran Elly.

Bekerja sesuai passion dan karakter memang akan membuat kita lebih fokus dan menikmati pekerjaan. Hasilnya pun akan lebih maksimal dan memberikan kepuasan batin yang bisa membuat hidup lebih berkualitas. 

 

Recommended Articles