15

OCT 19

Tim writer GoodLife

Umur 20-an Masih Enggak Tahu Tujuan Hidup, Harus Gimana?

You’ll never know unless you try.

Kamu yang sudah lulus kuliah, umur sudah hampir 23 tahun tapi belum jelas mau ngapain ke depannya, tujuan hidupnya apa, juga enggak ngerti. Kalau dalam psikologi biasanya disebut quarter life crisis.

Problem seperti ini memang seringkali terjadi pada anak-anak muda di fase awal menuju dewasa. Terkadang harapan atau cita-cita juga tidak selalu sejalan kenyataan. Ada rasa cemas, kurang motivasi, takut gagal, dan keraguan, apakah diri mampu untuk meraih sesuatu. Apalagi jika ia juga terbelit persoalan keluarga, keuangan atau relationship.

Namun, menurut Anindita Citra, MPsi.,Psi., fase ini normal dialami sebagian orang muda. Tapi ada baiknya hal ini tidak dirasakan berlarut-larut dan harus berani kembali menata kehidupan. 

Lalu bagaimana jika seseorang mengalami quarter life crisis? Citra menyarankan untu melakukan 6 hal berikut ini.

  • Terimalah jika ada hal-hal yang membuat kamu merasa tidak happy atau belum memuaskan.
  • Luangkan waktu untuk memikirkan apa yang kamu inginkan dan bagaimana cara untuk mencapainya.
  • Cari mentor atau belajar dari sumber yang kredibel. “Misalnya buku, podcast, training atau kursus,” terang Citra.
  • Stop membandingkan diri kamu dengan orang lain, “Karena setiap orang memiliki ujiannya masing-masing.”
  • Cari support system yang benar-benar bisa kamu andalkan.
  • Berani eksplore. “Jangan takut salah atau kalah sebelum bertanding, semua hal pasti butuh waktu dan proses. You’ll never know unless you try!”

So, coba mulai mengubah pola pikir kita sendiri. Lihatlah permasalahan yang ada dari sudut pandang yang berbeda-beda. Fenomena quarter life crisis adalah sesuatu yang sangat biasa terjadi, kamu hanya butuh untuk terus bersikap positif dalam menghadapinya. Ketika kamu sudah melewati krisis ini, percayalah kamu akan menyadari ada pelajaran yang dapat dipetik dan pribadi yang dibentuk agar lebih siap menghadapi ujian-ujian yang akan menghadangmu nanti. Tetap semangat goodpeeps!

 

Recommended Articles