08

OCT 19

Tim writer GoodLife

Tips Sederhana Agar Tidurmu Tidak Mendengkur

Dengerin apa kata pakar nih

Pernah enggak sih kamu terganggu dengar suara orang tidur mendengkur? Atau malah jangan-jangan kamu sendiri yang sering mendengkur kencang ketika sedang tertidur dan bikin orang lain terganggu?

Dikutip dari alodokter, mendengkur merupakan dampak dari terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. Penyempitan ini yang kemudian membuat getaran pada saluran pernapasan lebih kuat, terutama ketika tubuh dalam posisi telentang, yang kemudian suaranya dikenal dengan suara dengkuran.

Beberapa orang menganggap mendengkur adalah hal yang wajar. Tapi menurut dokter dan juga pemilik Klinik Ismail Medika, dokter Ismail, mendengkur juga sebenarnya bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan seperti sleep apnea (gangguan tidur serius hingga di mana pernapasan sering berhenti selama tidur) atau penurunan kualitas tidur yang jika dibiarkan bisa membuat peningkatan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, depresi, stroke, atau bahkan penyakit jantung.

Karenanya, jika kamu termasuk orang yang mendengkur ketika tidur, bisa melakukan tips sederhana dari Dokter Ismail berikut ini.

 

1.  Ubah Posisi Tidur

Ini adalah cara paling sederhana dan biasanya langsung menghilangkan dengkuran, yaitu mengubah posisi tidur. “Penyempitan saluran pernapasan biasanya akan lebih sering terjadi jika kamu tidur dalam posisi telentang.

Oleh karena itu, sebaiknya tidur dengan posisi menyamping agar saluran pernapasan lebih terbuka,” jelas Ismail.

 

2.  Posisi Kepala Lebih Tinggi

Mengatur tidur dengan posisi lebih tinggi juga bisa mengatasi dengkuran. “Sama seperti orang flu dan hidung mampet, posisi tidur dengan kepala lebih tinggi membuat saluran pernapasan bisa lebih lancar dan tidak mendengkur.”

 

3.  Turunkan Berat Badan

Orang yang mengalami kelebihan berat badan, lebih sering mengalami tidur mendengkur karena lemak di sekitar leher mempersempit saluran pernapasan. “Jadi sebaiknya rutin berolahraga, selain untuk kebugaran juga bisa mengatasi tidur mendengkur dan bikin kualitas tidur kita lebih baik,” kata Ismail.

 

4.  Hindari Alkohol

“Mengonsumsi alkohol menjelang tidur bisa membuat otot-otot lidah dan tenggorokan semakin longggar sehingga menghasilkan suara dengkuran. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol.”

 

Gimana kalau sudah melakukan tips di atas tapi kamu masih tetap mendengkur? Jangan malas periksakan ke dokter ya goodpeeps, sekedar konsultasi agar diberikan tindakan lebih lanjut. Jangan lupa terapkan pola hidup sehatnya juga. Semoga tidur nyenyak nanti malam! 

 

Recommended Articles