09

OCT 19

Tim writer GoodLife

Kamu Tim Olahraga Pagi atau Tim Olahraga Malam?

Saya tim tidur malam bangun siang

“Duh, aku tak punya waktu nih, buat olahraga. Kayaknya mendingan olahraga habis pulang kantor aja, deh,” batin Elma.

Kebanyakan dari kita memang beraktivitas pada siang hari, entah untuk bekerja di kantor, menjalankan tugas-tugas rumah, sekolah, dan sebagainya. Sementara malam hari merupakan saatnya untuk beristirahat. 

Namun, perubahan dan perkembangan teknologi dan kehidupan saat ini telah mengubah pola kehidupan sehari-hari. Hasilnya, makin sedikit waktu yang dimiliki untuk melakukan aktivitas fisik ataupun berolahraga. Pilihannya adalah melakukannya pada malam hari. 

Yang jadi pertanyaan sebenarnya lebih bagus mana? olahraga pada pagi hari atau malam hari? 

“Sekarang ini ada orang-orang atau komunitas yang memanfaatkan waktu sepulang dari kantor untuk berolahraga lebih dulu sebelum pulang ke rumah,” kata dr. Michael Triangto, Sp.KO, spesialis kedokteran olahraga dari Slim n Health Sports Therapy. 

Michael melanjutkan, olahraga pada siang hari maupun olahraga pada malam hari pada dasarnya sama saja selama dilakukan dengan cara yang baik, benar, terukur, dan teratur (BBTT). Baik artinya disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kesehatan, benar berarti ada programnya. Misalnya dilakukan setiap akhir pekan, berapa lama durasinya, gerakan apa saja yang dilakukan. 

“Terukur artinya tidak menimbulkan dampak seperti kelelahan berlebihan atau jantung menjadi berdebar-debar. Dan yang berikutnya adalah dilakukan secara teratur,” lanjut Michael. Selama dilakukan dengan metode yang BBTT, olahraga malam hari pun dapat meningkatkan kesehatan. 

Yang membedakan antara olahraga pada siang hari dan malam hari sebetulnya hanya pada paparan sinar matahari. Olahraga pada pagi atau siang hari akan membuat tubuh mendapat paparan sinar matahari yang sangat penting bagi kesehatan. 

“Sinar matahari membantu proses perubahan provitamin D yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang,” jelas Michael. Masalahnya, sinar matahari baru bisa diperoleh antara pukul 10 pagi hingga 13 siang, dimana orang biasanya sudah sibuk dengan aktivtasnya masing-masing. 

“Sebaiknya juga tetap memperhatikan parameter kesehatan lain seperti obat, pola makan, gaya hidup, dan perubahan mindset sehingga olahraga yang kita lakukan benar-benar membuahkan manfaat kesehatan.”

>>>>

Nah sudah tau bedanya kan? Intinya mau olahraga pagi atau malam pada dasarnya sama-sama bagus, tinggal sesuaikan dengan kondisi kamu aja nih goodpeeps . Tetap sediakan waktu untuk berolahraga rutin adalah koentji.

Recommended Articles