07

AUG 19

Tim writer GoodLife

3 Profesi Unik di Bidang Food

Salah satunya chocolate explorer! Drooling...

Profesi di bidang makanan bukan hanya ada chef dan food stylish, lho. Ada juga profesi-profesi unik yang mungkin enggak pernah kamu bayangkan.

 

1.  Jungle Chef

Charles Toto Jungle, image courtesy of Ubud Food Festival

Tugasnya memasak untuk orang-orang yang suka berpetualang di hutan. Bahan- makanannya diambil dari aneka tanaman, umbi-umbian, buah-buahan, serta hewan di  Misalnya, menyulap ubi menjadi pancake yang diisi udang, kentang tumbuk, dan  Biasanya bahan-bahan tersebut dimasak dengan cara dibakar di atas batu dialas daun pisang.

Jungle chef atau koki rumba bukan orang sembarangan, tetapi ia benar-benar memiliki  sebagai chef dan bersekolah di bidang tersebut. Hanya saja ia bekerja bukan di restoran  dapur, melainkan di hutan.

Salah satu jungle chef terkenal di Indonesia adalah Charles Toto, atau biasa disapa Chato, yang sejak tahun 1997 mengabdikan diri di hutan Papua. Kini Chato berhasil mengumpulkan 80 juru masak dalam komunitas Papua Jungle Chef Community.

 

2.  Tea Taster

Mencicipi aneka jenis teh sebelum dijual ke pasaran menjadi tugas tea taster. Bukan pekerjaan mudah, lho, melatih lidah dan penciuman kita untuk mengenali rasa dan aroma khas teh. Seorang tea taster juga harus tahu campuran apa saja yang ada di dalam teh.

Tertarik mendalami ilmu teh? Butuh waktu yang tidak sebentar ternyata, paling tidak 4-5 lima tahun. Uniknya, cara kerja tea taster tersebut adalah dengan menyeruput satu sendok teh dengan sangat cepat agar teh mengenai seluruh lidah.

 

3.  Chocolate Explorer

Pekerjaannya sungguh menyenangkan. Seorang chocolate explorer ditugaskan berkeliling berbagai daerah untuk mencari dan mencicipi biji kakao terbaik untuk dibuat menjadi cokelat.

Tapi bukan hanya perkara makan cokelat, melainkan harus mengerti seluk beluk tanaman kakao, memilih tanaman yang terbaik sehingga menghasilkan biji kakao berkualitas. Soal gaji, seorang chocolate explorer mendapat nominal yang fantastis hingga ratusan juta.

 

Hmm, biarpun pekerjaannya terkesan menyenangkan tetap saja yah profesi tersebut tak semudah yang dibayangkan. Selalu bersyukur dengan apa yang sudah kita raih saat ini, follow your dream. 

Recommended Articles