25

OCT 19

Tim writer GoodLife

Gerakan Stretching Ini Bisa Bikin Kamu Makin Kreatif Di Kantor 

Bekerja sambil duduk di kantor selama 8 jam, belum lagi ditambah perjalanan dari rumah ke kantor pulang pergi, pasti membuat stres dan tubuh jadi kaku-kaku. Kalau kamu pikir perilaku ini tidak berpengaruh dengan kesehatan wah kamu salah besar. Nah, untuk menghindari penyakit-penyakit akibat terlalu lama duduk kamu bisa melakukan 10 gerakan stretching (peregangan) yang bisa dilakukan di kantor seperti yang dilansir oleh lifehack.org ini. Peregangan ini akan sangat  membantu membuang stres sekaligus membuat kamu lebih kreatif. 

 

1.  Melemaskan leher dan bahu

Duduk berjam-jam bisa membuat tulang leher dan bahu menjadi kaku. Coba berdiri, tarik kedua lengan ke belakang, kaitkan jari-jari tangan, lalu naikkan lengan hingga dada dan bahu terasa tertarik.

 

2.  Memperbaiki sirkulasi darah

Posisi duduk di kantor sering membuat peredaran darah menjadi tak lancar, misalnya duduk melengkung, miring, dan sebagainya. Nah, untuk memperbaiki sirkulasi darah, duduk dan  julurkan kedua kaki ke arah depan, lalu raih ujung jari kaki dengan kedua lengan. Tahan posisi ini selama beberapa hitungan. 

 

3.  Mengatasi lelah dan tegang

Gerakan ini biasa kita lakukan ketika hendak melakukan olahraga. Begitu pun di kantor, gerakan ini bisa dilakukan untuk membuang rasa lelah dan tegang. Caranya, angkat kedua lengan ke atas kepala, kaitkan jari-jari tangan dengan posisi telapak tangan menghadap ke atas, lalu angkat hingga lengan terasa tertarik.

 

4.  Melemaskan pergelangan tangan

Gerakan ini sangat baik buat kamu yang kerjaannya mengetik di komuter seharian. Caranya, berdiri di depan meja, pegang ujung meja dengan posisi jari tangan menghadap ke tubuh. Tekan meja hingga pergelangan tangan terasa tertekan. Tahan selama beberapa detik lalu lanjutkan dengan memutar-mutar pergelangan tangan.

 

5.  Mengembalikan keseimbangan tubuh

(Image: indiatimes,com)

Duduk seharian di kubikel bisa membuat mobilitas dan keseimbangan tubuh hilang. Berdiri dengan satu kaki, sebelah tangan berpegangan pada meja, lalu angkat kaki satunya ke arah belakang setinggi mungkin. Pegang pergelangan kaki yang diangkat tersebut, tahan selama beberapa detik, lakukan bergantian kaki.

 

6.  Melemaskan Otot paha dan pinggang 

Duduk di kursi, sebelah kaki menapak lantai, tumpangkan sebelah kaki yang lain ke atas paha. Bungkukkan badan hingga ujung hidung menyentuh kaki yang menumpang ke paha, tahan selama beberapa detik sampai otot-otot punggung terasa tertarik. 

 

7.  Agar tulang jadi fleksibel

Duduk dengan kedua kaki rapat menapak di lantai. Letakkan tangan kiri ke atas lutut kaki kanan lalu putar tubuh ke arah kanan sejauh-jauhnya. Pandangan mata diarahkan ke belakang bahu. Tahan selama beberapa hitungan, lalu lakukan bergantian dengan kaki yang satunya. Ini akan membuat tulang tetap fleksibel dan tak mudah kaku.

 

8.  Menguatkan tulang punggung

Terlalu lama duduk bisa membuat otot kaki mudah lelah dan bahkan kram. Untuk mengatasinya, berdiri dan berpegang pada sandaran kursi (sebaiknya kursi tanpa roda) atau meja, angkat sebelah kaki ke arah belakang sambil menurunkan tubuh pelan-pelan. Tahan beberapa detik, lalu turunkan kembali kaki hingga posisi berdiri. Ulangi bergantan dengan kaki yang satunya. Gerakan ini tak hanya memperkuat otot kaki tetapi juga menguatkan tulang punggung. 

 

9.  Otot bokong dan punggung kuat

Berdiri dengan satu kaki, angkat kaki yang satu lagi ke arah depan. Perlahan, turunkan tubuh dengan kaki tetap terangkat hingga posisi squat. Ulangi bergantian dengan kaki yang satunya. Gerakan ini melibatkan banyak otot dan sendi dan membantu memperkuat otot bokong, otot punggung dan lutut.

 

10.Melemaskan otot tangan

Meski mudah, gerakan yang satu ini manjur untuk meningkatkan produktivitas serta menghilangkan stres. Genggam stress ball (jika tidak ada stress ball bisa menggunakan bola ukuran bola tenis biasa), lalu remas berulang-ulang. Selain menyingkirkan stres, gerakan ini juga cara terbaik untuk melemaskan otot-otot tangan dan lengan bawah.

 

Baca juga: Resep Minuman Booster Energi Bebas Ngantuk di Kantor

Recommended Articles