14

OCT 19

Tim writer GoodLife

Jerawat Bisa Tunjukkan Kondisi Tubuh Kita? Coba Pahami Dulu Yuk

Munculnya jerawat di wajah memang sangat menjengkelkan, rasanya sudah bersihkan muka setiap hari tapi kok tetap saja muncul.

Meski terkesan biasa dan normal, tanpa kita sadari kemunculan jerawat di wajah bisa memberikan sinyal bahwa ada hal yang tidak beres di tubuh. Ini biasa disebut face mapping (pemetaan wajah) yaitu praktik pengobatan alternatif yang bisa menentukan masalah kesehatan dengan melihat lokasi jerawat. Waduh, di daerah mana aja ya itu?

 

1.  Di atas alis

Jika jerawat muncul di area ini, bisa jadi ada masalah pada sistem pencernaan. Sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan yang diproses (processed food) dan junk food. Juga, kurangi kandungan lemak pada menu makanan yang kita konsumsi serta banyak-banyak minum. 

 

2.  Antara kedua alis

Jerawat yang muncul di antara kedua alis biasanya menunjukkan adanya masalah pada liver dan juga alergi.

Kurangi makanan berlemak dan produk olahan susu, olahraga teratur minimal 30 menit dan cukup tidur.

 

3.  Ujung mata bagian luar

Semua tanda-tanda yang muncul di sekitar mata (termasuk lingkaran hitam) menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami dehidrasi. Hati-hati, ini bisa mengganggu kesehatan ginjal juga. Solusinya, banyak-banyak minum.

 

4. Leher

Munculnya jerawat di bagian leher depan menunjukkan bahwa tubuh tengah berperang melawan bakteri untuk mencegah masuknya penyakit. Sebaiknya perbanyak istirahat, tidur siang cukup, dan Banyak-banyak minum. 

 

5.  Bawah mata

Biasanya, jerawat yang muncul di area ini menunjukkan gangguan pada sistem pernapasan. Konsumsi makanan-makanan yang bersifat mendinginkan suhu tubuh seperti ketimun, kurangi gula, dan lebih bayak menghirup udara segar. Jaga kadar alkalin tubuh dengan menghindari makanan-makanan yang bisa meningkatkan asam tubuh seperti daging, susu, alkohol, serta kafein. Pilih makanan alkali seperti sayuran dan buah (apel, brokoli, asparagus, pisang). Jangan lupa, smartphone dan bantal yang kotor juga paling sering memicu jerawat di area ini.

 

6.  Bawah ujung bibir

Area ini merupakan zona yang menunjukkan stres dan perubahan hormon. Stres dan perubahan hormon seringkali susah dielakkan, tetapi kamu bisa mengurangi dampaknya dengan tidur cukup, minum banyak, konsumsi sayuran, serta menjaga kebersihan kulit. Jerawat di area ini biasanya juga muncul saat datang bulan.

 

7.  Dagu 

Jerawat di dagu bisa jadi mengindikasikan adanya masalah pada lambung aau pencernaan. Sebaiknya perbanyak konsumsi serat dan hindari konsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia. Tak ada salahnya mencoba minum teh herbal agar pencernaan lancar.

 

8. Ujung hidung

Wah, sebaiknya rajin mengecek tekanan darah jika jerawat muncul di ujung hidung. Cek juga kadar vitamin B. Kurangi asupan makanan yang pedas-pedas atau beraroma tajam, juga kurangi menu olahan daging. Sering-seringlah jalan pagi untuk menghidrup udara segar. Kemunculan jerawat di area ini bisa jadi juga menunjukkan adanya masalah pada jantung. Ganti lemak jahat dengan lemak baik seperti Omega 3 dan 6 yang banyak terdapat pada kacang-kacangan, avokad, ikan, biji rami, dan lain-lain.  

Namun, seperti kasus umum lainnya tindakan yang terbaik adalah tetap temui dokter atau dermatologis kamu untuk mendapat tindakan yang tepat. Ini hanya panduan umum untuk mengetahui penyebab dasar timbulnya jerawat.

Bukan berarti timbul jerawat di hidung kamu langsung teridentifikasi punya penyakit jantung lho goodpeeps. Karena dengan mengetahui penyebab dasar seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain noda di wajah lenyap kamu juga bisa mengatasi masalah kesehatan.

Tetap jaga pola hidup sehat kamu ya!

Recommended Articles