21

OCT 19

Tim writer GoodLife

Karier Mentok dan Enggak Tahu Harus Apa?

Inhale, Exhale

Goodpeeps, pernah enggak sih kamu merasa “Kenapa karier gue gini-gini aja ya?" atau "udah bertahun tahun kerja, kok enggak ada kemajuan sih?”
Tenang, gak usah murung dan menyalahkan diri sendiri terus, karena kamu enggak sendiri kok. Di luar sana banyak pekerja yang pernah merasa stuck dengan kariernya dan merasa enggak tahu lagi harus melakukan apa.

Sebenarnya pilihan ada di kamu, mau tetap merasa enggak berdaya, pasrah dan jalani aja, atau justru merasa inilah saatnya untuk mengubah keadaan?

Nah kalau kamu pilih yang terakhir, kamu bisa coba lakukan hal berikut ini agar bisa memaksimalkan kemampuan dan membuat karier kamu meningkat.

 

1. Tarik Napas dan Minum Kopi
Mengambil napas panjang bisa memompa lebih banyak oksigen ke otak. Hal itu bisa meredakan rasa penat. Pilihan minum kopi juga bisa kamu coba. Karena menurut penelitian, kandungan kafein dalam kopi bisa membantu kamu lebih berkonsentrasi dan meningkatkan mood.

 

2. Pelajari Lagi Prestasi yang Sudah Diraih
Coba ingat lagi prestasi apa yang sudah kamu raih. Lalu pelajari lagi dari prestasi tadi, hal apa yang membuat kamu sangat percaya diri dan bangga dari pencapaian itu. Mungkin karena sibuk dikejar deadline, kamu jadi seperti melupakan ‘keahlian’ yang selama ini kamu kuasai.

Misalnya dari satu prestasi tadi, ternyata kamu sangat menguasai membuat perencanaan bisnis. Maka kamu bisa meminta atasan untuk memberikan tugas lebih banyak soal perencanaan bisnis. Dengan begitu, kamu bisa kembali menemukan kepercayaan diri dan semangat lagi untuk bekerja.

 

3. Coba Sesuatu yang Baru
Kamu bisa mencoba sesuatu hal baru di luar yang selama ini kamu kerjakan, misalnya ikut kelas memasak, melukis, atau kursus bahasa asing. Melakukan hal baru bisa merangsang otak untuk lebih kreatif. Kamu juga bisa lebih bersemangat karena melakukan kesenangan baru.

 

4. Bicarakan Dengan Orang yang Kamu Percaya
Kamu bisa bicarakan soal keresahan kamu ini pada orang yang kamu percaya. Kamu bisa tumpahkan semua keluh kesah kemudian mintalah ia untuk memberikan saran atau masukan. Agar mendapat perspektif yang objektif, dengarkan saran dan masukan tadi dengan hati terbuka, bukan dengan defensif. Siapa tahu dari masukan tadi, ada yang salah satunya enggak pernah terpikir oleh kamu.

 

5. Ambil Cuti Untuk Short Getaway

Jangan meremehkan kekuatan cuti. Jika selama ini orang mengambil cuti untuk urusan keluarga atau hal mendesak lainnya, enggak ada salahnya kamu ambil cuti untuk liburan singkat. Misalnya ikut one day trip mengunjungi tempat wisata yang belum pernah kamu kunjungi. Dijamin pengalaman short getaway bisa membuat otak lebih rileks lagi. Dengan begitu, pikiran kamu bisa lebih jernih untuk menilai situasi dan kondisi yang sedang kamu alami.

Kalau semua cara sudah dilakukan tapi hasilnya kamu tetap merasa stuck, mungkin inilah saatnya mempertimbangkan untuk mencari pekerjaan baru. Karena jangan sampai kamu bekerja lelah fisik dan juga lelah hati. Itu lebih berisiko untuk kesehatan kamu. Tetap semangat ya!

Recommended Articles