31

OCT 19

Tim writer GoodLife

Nulis Jurnal Ala Baim Wong Bisa Bikin Kamu Lebih Percaya Diri!

Di zaman serba digital ini, menulis dengan bolpoin di atas kertas sudah menjadi hal yang langka. Padahal menulis jurnal harian di sebuah buku punya banyak manfaat lo buat kesehatan mental kita. Di dalam salah satu vlog-nya, pesinetron Baim Wong pernah bercerita bahwa sebelum terkenal, ia adalah sosok pemalu, enggak percaya diri dan selalu berpikiran negatif. 

Kemudian Baim disarankan oleh psikolog untuk menulis 10 kebaikan yang sudah ia lakukan setiap harinya dalam sebuah jurnal. Tujuannya agar pikiran Baim selalu positif dan juga menumbuhkan kepercayaan dirinya. Selain Baim, tokoh terkenal yang pernah merasakan manfaat menulis jurnal adalah alm B.J. Habibie.

Seperti kita tahu, Habibie mengalami duka mendalam selepas ditinggal oleh sang istri, Ainun Habibie untuk selama-lamanya. Habibie bahkan sempat seperti orang gila, menangis setiap hari, dan tidak mau makan. Kemudian dokter menyarankan Habibie untuk menulis jurnal harian untuk mencurahkan segala kesedihan dan perasaan kehilangannya. Presiden ke-3 RI ini pun mencurahkan semua perasaannya dalam sebuah jurnal. Lambat laun, Habibie pun mulai menerima keadaan dan bisa bangkit kembali.

Meihat dari cerita tadi, ternyata menulis jurnal harian memang punya banyak manfaat bagi kita. Selain tulisan luapan emosi, kamu juga bisa menulis jurnal harian tentang perjalanan karir yang tengah kamu jalani. Ini dia diantaranya manfaat journaling.

Mengatasi Depresi hingga Rasa Cemas

Mencurahkan emosi lewat tulisan di sebuah jurnal bisa membuat pikiran lebih rileks dan menghilangkan kecemasan. Kamu bebas meluapkan segala perasaan hingga merasa lega dan lebih baik.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan menulis jurnal, kamu bisa melihat kembali perjalanan hidup yang sudah kamu lalui. Kamu pun bisa melihat bahwa sesulit atau sesusah apapun tantangan hidup, kamu berhasil melaluinya dengan baik. Dan hal itu bisa membuat kamu lebih percaya diri.

Meningkatkan Kualitas Hidup

Menurut sebuah studi yang berjudul Health and Well-Being, menulis jurnal tentang hal-hal yang kamu syukuri bisa membuat kamu merasa jauh lebih tenang dan damai. Apalagi jika itu kamu lakukan menjelang tidur malam. Dijamin kamu akan tidur lebih berkualitas dan bangun dengan lebih fresh.

Membantu Mewujudkan Mimpi dan Cita-Cita

Orang yang rutin menulis jurnal tentang mimpi dan cita-cita hidupnya akan jauh lebih mudah mewujudkannya dibanding orang yang tidak pernah melakukannya. Karena dengan menuliskan pada jurnal, bisa menjadi pengingat agar terus berusaha dan semangat untuk mencapai mimpi dan cita-cita.

Meningkatkan Kreativitas

Ketika menulis jurnal, secara tidak langsung kamu akan dilatih untuk fokus dan mengingat soal apa saja yang sudah dijalani. Saat menuangkannya dalam bentuk tulisan, kreativitas kamu juga dilatih untuk membuat kalimat yang menarik.

Nah, dengan melihat banyaknya manfaat dari menulis jurnal, gak ada salahnya loh untuk memulai menulis jurnal sendiri nih. Enggak usah khawatir soal isinya atau bagaimana cara menulisnya gimana. Keluarkan aja apa yang ada dipikiran kamu.

 

Buat kamu ingin menulis tapi ga tahu apa yang harus dilakukan karena belum terbiasa, ini dia yang harus diperhatikan:

1.  Tulislah dengan Jujur

Tulis apapun yang ingin kamu tulis dengan jujur. Kamu enggak perlu harus bagus atau menarik karena jurnal memang ungkapan yang ada di hati dan kepala kamu. Soal tulisan, jika rutin menulis, tentu tulisan kamu akan semakin menarik.

2.  Buku Jurnal Eye Catching

Pilih buku jurnal yang eye catching sehingga kamu akan bersemangat ketika membukanya dan mulai menulis.

3.  Menulis Jurnal Kapanpun

Kamu bisa membawa jurnal kemana pun kamu pergi. Dengan begitu, ketika keinginan menulis muncul atau ada kejadian menarik, kamu bisa langsung menuliskannya.

 

Siap untuk menulis jurnal? Mulai curhat soal gebetan baru biasanya lebih lancar, asal jangan selingkuhan yah yang ditulis. Bahaya!

JURNAL HARIAN MANFAAT MENULIS

Recommended Articles