13

FEB 20

Tim writer GoodLife

Punya Teman Tukang Bohong? Ini Tips Jitu Menghadapinya 

Cerita soal teman kerja atau rekan satu tim yang nyebelin adalah hal yang klasik. Hampir di semua kantor, pasti ada aja rekan kerja yang nyebelin, entah karena pemalas, suka bohong, banyak alasan, hingga hobinya ngomongin orang lain.

Kalau kebetulan kamu yang mengalami sendiri, punya teman satu tim menyebalkan, misalnya suka berbohong dan banyak alasan, pasti bikin kesal juga, kan?

Nah, supaya kamu enggak kesal setiap hari hanya karena melihat ulah si tukang bohong ini, yuks ikuti tips berikut ini.

Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman satu tim yang selalu banyak alasan, alias suka bohong.

 

1.  Jangan Asal Menuduh

Teman yang selalu banyak alasan, biasanya sebagian besar alasan tadi adalah kebohongan. Tujuannya demi keuntungan pribadi atau memang sudah menjadi tabiatnya suka berbohong.Tapi meski si dia terkenal suka banyak alasan dan suka bohong, sebaiknya kamu jangan asal menuduh. Apalagi jika kebohongannya itu tidak secara langsung merugikan diri kamu, rasanya enggak perlu kamu buka aibnya.

2.  Enggak Ada Salahnya Mulai Diselidiki

Nah, tapi jika kebiasannya berbohong mulai berdampak pada kinerja tim atau merugikan diri kamu, barulah sebaiknya kamu ambil action. Salah satunya menyelidiki tentang kebenaran yang ia bicarakan.

Kamu bisa mulai mengkonfirmasi lewat teman-teman dekatnya atau orang yang ia sebut dalam ceritanya.

3.  Kumpulkan Bukti

Bila perlu, catat, rekam atau foto bukti-bukti yang kamu dapat soal kebohongannya. Kumpulkan semua bukti agar ketika ia mengelak, kamu sudah punya bukti kuat. Jangan lupa untuk mencari saksi mata untuk semakin menguatkan argument kamu.

4.  Libatkan Pihak Ketiga

Jika ia berbohong soal yang menyangkut pekerjaan, sebaiknya saat kamu konfrontasi libatkan pihak ketiga, misalnya atasan atau orang HRD. Dengan begitu, diharapkan si dia akan kapok dan enggak akan mengulangi perbuatannya lagi.

5.  Bicara Baik-Baik

Jika pada akhirnya semua kebohongan si dia terbongkar, enggak ada salahnya kamu tetap menjaga pertemanan. Kamu bisa mengajaknya bicara baik-baik, mungkin dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa alasannya ia suka berbohong dan bisa memberi masukan agar ia tidak mengulanginya lagi.

Ingat ya goodpeeps, enggak ada orang yang sempurna. Tapi jika kita menjadi orang yang mau belajar dari kesalahan dan memperbaiki diri, pasti akan tercipta suasana kerja yang lebih nyaman. Dampaknya bukan cuma untuk kamu dan si dia, tetapi juga mungkin satu kantor.

Recommended Articles