18

OCT 19

Tim writer GoodLife

Buah Tin, Buah Surga yang Punya Kisah Unik dan Banyak Manfaat

Ingin tahu kisah unik dan manfaat si buah surga? Keep scroll, Goodpeeps. 

Dalam kitab suci beberapa kepercayaan buah tin (Ficus carica), atau fig dalam bahasa Inggris, disebut-sebut sebagai buah surga karena kelezatan dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Buah tin termasuk buah tertua di dunia. Konon sudah ada sejak tahun 5000 SM. Kandungan nutrisinya sangat lengkap. Diperkaya vitamin A, C, E, K, dan B Kompleks. Kandungan mineralnya berupa kalsium, zinc, sodium, selenium, tembaga, kalium, zat besi, mangan serta magnesium. 

Belum lagi kandungan fitonutrien yang berbentuk karatenoid, lutein serta zeaxanthin sebagai senyawa antioksidan.  Enggak perlu takut gemuk mengonsumsi buah ini, karena kalorinya rendah dan tidak mengandung lemak. Tak heran, kan, jika buah tin disebut-sebut superfood. 

Buah tin yang rasanya manis asam banyak ditanam di Timur Tengah. Semakin hitam , buahnya semakin manis. Buah tin termasuk buah yang produktif dan punya banyak varietas, seperti tin yordan, tin ungu, tin red Palestine, tin brown turki, dan sebagainya.  

Lalu sebenarnya apa saja sih manfaat buah tin itu?

1.  Melancarkan Pencernaan

Mengatasi sembelit serta menurunkan risiko kanker kolon.

2.  Menjaga Kesehatan Tulang

Magnesium, kalsium serta fosfor pada buah tin mencegah tulang keropos.

3.  Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, lutein serta karotenoidnya mencegah degenerasi macula yang menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan.

4.  Membuat Jantung Lebih Sehat

Memiliki serat larut pectin, omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengontrol tekanan darah sehingga jantung lebih sehat.

5.  Mengobati Anemia

Anemia atau kurang darah membuat tubuh sering kelelahan dan hilang konsentrasi. Buah tin mengandung zat besi yang membantu produksi sel darah merah.

6.  Mengatasi Insomnia

Susah tidur? Coba konsumsi buah tin yang mengandung tryptophan yang membuat kualitas tidur membaik.

7.Menurunkan Berat Badan

Kandungan seratnya sangat bagus untuk proses penurunan berat badan.

Jadi kepengen mencoba buah tin? Di Indonesia mungkin masih jarang yang menjualnya meski ada yang mulai membibitkannya. Kamu bisa mengunjungi e-commerce biasanya di sana lebih mudah ditemukan. Tapi terkadang kamu bisa menemukannya dalam bentuk kering.

Cara mengonsumsi buah tin biasanya cocok dijadikan salad buah, dimakan langsung atau sebagai jus. Nah patut dicoba tuh goodpeeps! 

Recommended Articles