18

OCT 19

Tim writer GoodLife

Dengerin Musik Sambil Kerja, Tambah Fokus atau Terganggu?

Kamu lebih suka dengerin musik sambil kerja atau justru terganggu dengan suara musik?

Setiap orang memang punya cara berbeda untuk bisa fokus. Beberapa orang bisa asyik mendengarkan musik sambil mengangguk-anggukan kepala sambil bekerja, kemudian pekerjaannya selesai. Tapi nggak sedikit pula yang justru fokusnya teralihkan karena mendengar musik.

Sebenarnya cara ampuh mengetahui kamu bisa fokus dan produktif sambil mendengarkan musik atau sebaliknya, ya harus dicoba. Pasang musik lalu perhatikan, apakah konsentrasi utama kamu mengikuti alunan musik dan liriknya, atau kamu malah semakin lancar mengerjakan pekerjaan.

Kalau ingin mencoba mendengarkan musik agar lebih fokus dan produktif, kamu bisa mengikuti tips berikut ini.

1.  Jangan Dengarkan Lagu Favorit

Agar kamu tetap fokus dan bisa meningkatkan produktivitas, sebaiknya jangan dengarkan lagu favorit kamu. Alih-alih fokus bekerja, perhatian kamu malah nyanyi bareng mengikuti alunan lagu favorit. 

 

2.  Genre Musik

Kalau kamu mencari rekomendasi genre musik agar fokus dan meningkatkan produktivitas, pilihan yang paling aman adalah musik klasik. Tapi kalau mendengar musik klasik, kamu merasa bosan atau bahkan ngantuk, mungkin bisa mencoba genre musik EDM (Electronic Dance Music).

Musik dengan tempo cepat ini bisa membuat kamu lebih semangat dan fokus menyelesaikan pekerjaan.

 

3.  Tanpa Lirik

Mendengarkan lagu dengan lirik bisa menganggu fokus kamu, baik secara sadar atau tidak sadar. Alih-alih menulis tugas, kamu bisa menuliskan lirik lagu tadi.

Selain tips tadi, kamu juga bisa memilah pekerjaan mana yang bisa kamu kerjakan sambil mendengarkan musik atau sebaliknya. Sebagai contoh, pekerjaan yang membutuhkan kemampuan kamu untuk menghafal, tentu akan sulit dilakukan jika sambil mendengarkan lagu.

Begitu juga jika kamu mencoba membaca sesuatu sambil mendengarkan musik, tentu otak kamu akan sulit untuk fokus pada salah satunya. Untuk pekerjaan yang mengharuskan kamu membaca, sebaiknya dengarkan musik tanpa lirik. Jadi kamu nggak terganggu dengan mengikuti liriknya.

Memang sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa musik dapat meningkatkan kreativitas, meredakan stress, hingga memperbaiki suasana hati. 

Tapi apakah kamu harus mendengarkan musik atau tidak sambil bekerja untuk meningkatkan fokus dan produktivitas, itu semua tergantung sih kepada beberapa faktor. Misalnya sifat pekerjaan, selera pribadi, dan kebiasaan. 

>>>

By the way, tetap perhatikan kondisi lingkungan kantor ya, karena ada beberapa peraturan di kantor tidak boleh mendengarkan musik saat bekerja. Then, enjoy your music.

Recommended Articles