31

OCT 19

Tim writer GoodLife

Seruput Jus Terong Belanda, Enak dan Kaya Manfaat

Cuaca gak menentu begini enaknya minum yang dingin segar. Cobain jus terong belanda aja, Goodpeeps. Buah mungil yang rasanya asam segar ini masih jarang dikonsumsi orang. Padahal ternyata banyak manfaatnya buat kesehatan. 

Buah ini disebut terong karena memang termasuk keluarga terong. Nama latinnya Solanum Betaceum. Bentuknya oval dan kecil seperti telur, warna kulitnya paduan merah dan oranye sedangkan bagian daging buahnya oranye cerah dengan banyak biji kecil. Rasanya asam segar dan mengandung banyak air.

Dari mana nama “belanda” berasal? Ternyata buah yang aslinya dari Amerika Tengah ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda. Terong belanda lalu mulai dibudidayakan di Indonesia. Meski termasuk buah yang nggak populer, terong belanda enak dibuat jus, sop buah, smoothies atau dimakan langsung. Ada juga yang mengolahnya menjadi sirop atau manisan.

Kandungan nutrisinya cukup lengkap, seperti vitamin C, E, A serta B kompleks. Terong belanda juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, potasium, sodium, fosfor, mangan, magnesium, tembaga, seng dan besi. Nggak heran, meski ukurannya mungil dan harganya tergolong murah, terong belanda punya banyak manfaat bagi kesehatan.

 

1.  Agen Anti-aging

Kandungan vitamin antioksidan, yaitu vitamin A, C, E pada terong belanda membuat kulit lebih glowing dan lembap. Fenol, antosianin dan flavonoid-nya mencegah radikal bebas perusak kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan, seperti keriput, kerut dan noda hitam.

 

2. Tingkatkan Imunitas

Vitamin B kompleks mengatasi tubuh dari kelelahan dan memperbaiki metabolismenya sehingga kekebalan tubuh meningkat. 

 

3.  Kesehatan Jantung

Kandungan potasium dan magnesium pada terong belanda membantu kesehatan jantung. Mineral kaliumnya menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung. 

Nutrisinya juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh sehingga melancarkan aliran darah. Selain itu juga menjaga tekanan darah dan denyut jantung tetap normal.

 

4.  Cegah Kanker

Kandungan vitamin E, flavonoid serta antosianin yang tinggi berfungsi menangkal radikal bebas penyebab kanker. Sifat anti-inflamasi dan anti-mikrobanya mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

 

5.  Kesehatan Mata

Mata sering terasa lelah atau pandangan buram? Konsumsi terong belanda yang kaya vitamin A.

 

6.  Mengatasi Diabetes

Asam klorogenik pada terong belanda mampu membantu mengurangi kadar gula darah berlebih. Antioksidannya mengurangi stres oksidatif pada organ hati dn pankreas.

 

7.  Mencegah Anemia

Vitamin dan mineral zat besi-nya mencegah anemia yang membuat tubuh lemas, sering pusing dan sulit konsentrasi.

Tertarik mencoba saat cuaca lagi panas-panasnya? Yuk, buat sendiri aja jus terong belanda dengan campuran madu dan es batu. Dingin menyegarkan!

TERONG BELANDA KHASIAT TERONG BELANDA INSPIRASI

Recommended Articles