26

DEC 19

Tim writer GoodLife

Jerawat Bandel, Atasi Dengan 7 Makanan Anti Jerawat Ini

Bolak-balik diobati, jerawat muncul lagi. Harus gimana aku tuh?

Meski kecil keberadaan jerawat bisa merusak seluruh penampilan. Tingkat kepedean langsung nge-drop. Apalagi kalau sudah bolak-balik diobati jerawat terus-terusan muncul. Sampai-sampai kamu hopeless harus diapain lagi tuh jerawat.

Jerawat bisa disebabkan berbagai faktor, seperti perubahan hormon, genetik, kurang tidur, kosmetik, stres serta makanan dan minuman. Jerawat diawali dari pori-pori kulit tersumbat kotoran, lalu meningkatkan ativitas bakteri pada area tersebut. 

Kamu juga bisa mengatasi jerawat yang bandel dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1.  Alpukat

Buah ini kaya vitamin E yang meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, serta vitamin C yang mengobati peradangan kulit. Yuk, rajin makan alpukat. Enak dibuat jus, smoothies atau salad.

2.  Anggur

Daging buah dan biji anggur tinggi antioksidan polyphenols yang menstimulasi produksi kolagen agar kulit lebih sehat, kenyal, sekaligus bersifat oil control. Kandungan anti-inflamasinya juga membuat jerawat yang meradang cepat kempis.

3.  Kacang

Jangan makan kacang, nanti jerawatan! Ternyata itu cuma mitos, Goodpeeps. Faktanya kacang justru mengandung selenium, tembaga, vitamin E, magnesium, mangan, kalsium, kalium, dan zat besi yang  bermanfaat bagi kesehatan kulit.

4.  Bawang Putih

Ibu kita zaman dulu suka mengajarkan, kalau jerawatan oles dengan potongan bawang putih. Ternyata benar lho, Goodpeeps, bawang putih mengandung antibakteri yang ampuh membasmi bakteri penyebab jerawat.

5.  Brokoli

Selain rasanya enak, sayuran hijau ini kaya vitamin A, C, E, K serta B kompleks yang berguna sebagai antioksidan penangkal radikal bebas.

6.  Mentimun

Dominan air dan serat membuat mentimun baik untuk detoksifikasi kulit. Selain dimakan, coba potong-potong dan tempel pada wajah yang berjerawat untuk mengempiskan peradangan dan mengatasi noda hitam bekas jerawat.

7.  Teh Hijau

Mengandung antioksidan polyphenol dan katekin yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Teh hijau juga mengurangi peradangan kulit dan mematikan bakteri p.acnes. Disebutkan dalam sebuah penelitian di National Yang-Ming University, Taiwan tahun 2016, wanita yang mengonsumsi teh hijau memiliki jerawat lebih sedikit di area T-zone yang kerap berminyak.

 

Tambahan tips dari GoodLife yang tidak boleh dilupakan, salah satu resep ampuh meredakan radang jerawat adalah dengan selalu menjaga kebersihan kulit wajah. So, jangan malas cuci muka setelah beraktivitas ya, apalagi buat kamu yang memakai makeup.

Recommended Articles