27

OCT 19

Tim writer GoodLife

Suka Jajanan Street Food? Ternyata Ada Yang Menyehatkan Lho!

Street food Indonesia bukan cuma gorengan, bakso atau mi ayam. Masih banyak street food Indonesia lainnya yang ternyata lebih sehat dan enak. Mau tahu apa aja?

Aneka street food sering bikin kalap jajan. Bentuknya menarik, aromanya juga menggoda. Mulai dari gorengan, pempek, mi ayam, onde-onde, batagor, bakso, cimol, dan sebagainya.  Nggak ada yang nggak enak, setuju kan, Goodpeeps

Namun kita juga harus hati-hati, kebanyakan mengonsumsi street food, apalagi yang digoreng, bisa bikin berat badan gampang naik. Terkadang tenggorokan pun jadi radang lantaran minyak gorengnya mungkin sudah berulang kali dipakai.

Lebih baik pilih street food Indonesia yang lebih sehat. Emang ada? Nih, Goodlife kasih daftarnya buat kamu supaya lebih selektif lagi memilih jajanan.

 

1.  Rujak

Siang hari lagi panas-panasnya bikin ngantuk, enaknya makan yang seger-seger. Rujak buah bisa jadi pilihan tepat. Potongan aneka buah segar seperti mangga, kedondong, bengkuang, pepaya, jambu, nanas yang kaya vitamin C dan serat dipadu bumbu kacang yang pedas manis. Dijamin bikin melek!

 

2.  Sop Buah

Pengen yang segar dingin? Makan sop buah aja, yuk. Campuran potongan buah dicampur es serut, gula cair dan susu kental manis. Biar lebih sehat, pakai gula dan susunya sedikit aja, ya.

 

3.  Asinan Betawi

Cocok buat tim sayur, nih! Irisan sawi, kembang kol, tauge, selada, tahu, kacang goreng serta kerupuk kuning disiram kuah kacang cair. Buat yang punya asam lambung, sebaiknya kuah kacang jangan terlalu pedas dan konsumsi setelah makan. Segar endeeess…

 

4.  Gado-gado

Salad ala Indonesia yang berasal dari Jakarta ini terdiri dari aneka bahan yang direbus sehingga lebih sehat. Ada irisan telur rebus, kol, tauge, labu, kangkung, mentimun. Nikmati dengan siraman kuah kacang kental. 

Tipsnya, jangan terlalu lama  merebus sayuran agar nutrisinya tidak hilang. Jangan terlalu banyak memakai kuah kacang. Ganti nasi atau lontong dengan kentang rebus yang karbohidratnya kompleks dan indeks glikemiknya rendah sehingga terasa kenyang lebih lama.

 

5.  Karedok

Bedanya dengan gado-gado, karedok berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari sayuran mentah yang dipotong-potong kecil. Jenis sayurannya adalah mentimun, daun kemangi, taoge, kol, kacang panjang. Aromanya juga lebih khas karena pemakaian kemangi dan kencur yang dominan pada saus kacangnya.

 

6.  Jagung, Umbi, dan Kacang Rebus

Biasanya dijual dalam gerobak dorong bersama minuman bajigur. Bukan jagung susu keju, lho, tetapi benar-benar jagung muda yang direbus menggunakan kulitnya.  Umbi-umbiannya berupa ubi dan singkong yang kaya karbohidrat kompleks dan indeks glikemiknya rendah.

Kacang rebusnya juga dijual masih dengan kulitnya. Karena masih fresh rasanya lebih enak dan legit. Kaya vitamin E, asam folat, protein serta lemak baik.

 

7.  Wedang Jahe

Lagi kurang fit atau mual dan pusing karena masuk angin? Yuk, minum wedang jahe yang bikin badan hangat dan rasa pedasnya bikin mual hilang. Ini karena jahe mengandung phenolic yang meredakan mual dan nyeri pada perut. Bahkan gandungan phytonutrient gingerol pada jahe bisa mencegah risiko kanker usus besar.  

Bikin sendiri juga gampang, lho Goodpeeps. Caranya, cuci bersih jahe dan bakar hingga keluar aroma harumnya. Iris atau geprek jahe lalu rebus bersama air dan gula merah sampai mendidih. Dicampur sedikit susu juga nikmat!

 

Nah, sekarang nggak perlu takut lagi dong makan street food, asal pilih yang sehat. Setuju, kan?

STREETFOOD INDONESIA KULINER SEHAT

Recommended Articles