29

OCT 19

Tim writer GoodLife

Bukan Cuma Enak, Sarapan Smoothies Banyak Manfaatnya

Bosan sarapan berat? Cobain deh smoothies buah-buahan yang segar, kaya manfaat, dan praktis dibuat.

Sesekali ubah rutinitas menu sarapan kamu. Yang biasanya menyantap roti, nasi goreng atau lontong sayur, serta minum kopi atau teh, coba deh ganti dengan smoothies aneka buah.

Yakin smoothies cukup mengenyangkan sebagai menu sarapan? Jangan khawatir, ternyata segelas smoothies buah-buahan bisa jadi cukup mengenyangkan sebagai asupan sarapan asal dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

Ingin tahu apa saja manfaat smoothies?

Kenyang Lebih Lama

Smoothies buah-buahan kelihatannya ringan namun bisa menjadi asupan kaya protein pembentuk jaringan otot yang membuat kamu kenyang lebih lama jika dicampur bahan-bahan seperti plain yogurt atau susu rendah lemak. 

Kabar baiknya, karena bikin kenyang tahan lama smoothies bisa membantu kamu menurunkan berat badan, lho.

Melancarkan Pencernaan

Kandungan air dan serat pada buah-buahan meningkatkan kemampuan saluran cerna sehingga tubuh terhindar dari dehidrasi dan konstipasi (sembelit). Bisa juga tambahkan biji-bijian kaya serat, seperti biji bunga matahari atau flax seed.

Meningkatkan Imunitas

Smoothies buah-buahan sangat kaya vitamin antioksidan dan mineral yang membantu tubuh menangkal radikal bebas yang menurunkan daya tahan tubuh.

Membuang Racun

Smoothies buah-buahan yang dipadu beberapa sayuran seperti bayam dn kale, atau rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis bisa membantu proses detoksifikasi tubuh setelah biasanya bebas melahap aneka makanan. Hasilnya, racun-racun di dalam tubuh bisa terbuang.

 

Penasaran nyobain sarapan smoothies, kan, Goodpeeps? Yuk, bikin sendiri resep smoothies simpel berikut ini.

 

1.  Banana Lime Smoothies

Kamu bisa coba membuat smoothies berbahan pisang yang dibekukan, plain yogurt, dan madu. Boleh juga tambahkan sedikit perasan jeruk nipis untuk sensasi asam yang menyegarkan. 

Utamanya, pisang kaya kandungan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Dalam sebuah pisang mengandung 10 mg vitamn C yang setara 15% rekomendasi vitamin C harian. Serta kaya  potassium sebagai zat penjaga keseimbngan cairan tubuh dan mencegah kram otot setelah olahraga.

 

2.  Kiwi Apple Smoothies

Campur apel dan kiwi yang sudah dibekukan. Jika lebih suka manis, pilih kiwi gold. Tambahkan air dan madu, lalu blender hingga halus.

Kiwi kaya vitamin C, A, E, K, kalium, asam amino, folat, dan kalsium. Dengan kandungan tersebut kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, menurunkan tekanan darah, serta lutein-nya baik untuk kesehatan mata.

 

3.  Terong Belanda Stroberi Smoothies

Karena asam, cukup gunakan 1 buah terong belanda ukuran sedang. Lalu campur stroberi atau blueberry (kalau nggak suka asam), madu secukupnya, serta plain yogurt. Dijamin rasanya bikin ketagihan! 

Terong belanda (tamarillo) kaya vitamin C, E, dan A sebagai antioksidan. Sumber vitamin B kompleks yang meningkatkan daya tahan tubuh. Dan, kandungan fenol, antosianin dan flavonoid-nya ternyata ampuh mencegah stres sekaligus mengatasi penuaan dini pada kulit.

 

Jadi nggak sabar, kan, mencoba sarapan smoothies. Siapkan dulu bahan-bahannya hari ini, dan besok tinggal blender nggak sampai 5 menit siap diminum. Selamat mencoba~

SMOOTHIES OATMEAL SARAPAN SEHAT RESEP SMOOTHIES

Recommended Articles