28

OCT 19

Tim writer GoodLife

Telapak Tangan Kasar ? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Telapak tangan kasar ternyata bukan hanya milik kaum pria. Perempuan yang telapak tangannya kasar pun banyak. Penyebabnya bermacam-macam,  visa karena terlalu sering mencuci dengan sabun. Selain karena sabun atau air, tangan kasar juga bisa terjadi karena cuaca buruk, kotoran, bahan-bahan kimia, atau akibat paparan sinar matahari. 

Kulit sebetulnya selalu berada dalam kondisi lembap dan mampu memudakan diri kembali, tetapi ekspos terhadap sinar matahari, air dingin, angin, kotoran, bahan kimia, dan lainnya, lama-lama bisa merusak lapisan ini sehingga kulit tak lagi mampu menjaga kelembapannya.

Telapak tangan juga bisa rusak akibat polutan dan radiasi sinar ultraviolet. Kedua hal ini juga akan mempercepat penuaan kulit serta kulit kering. 

Ada banyak cara untuk mencegah dan mengatasi telapak tangan yang kasar, yang terutama adalah selalu memakai pelembap. Hindari sabun yang mengandung wewangian sintetis, sulfat, serta bahan pengawet. Sabun antibakteri serta sabun dengan banyak busa juga bisa mengikis kandungan lemak dan minyak pada kulit. Jadi, sebaiknya pilih sabun yang mengandung pelembap. Setelah itu, bilas hingga bersih dan pakai pelembap. 

Selain pelembap, memakai sarung tangan juga penting untuk menjaga kesehatan dan kelembutan telapak tangan. Terkadang kita lupa mengenakan sarung tangan, padahal sarung tangan akan membantu melindungi telapak tangan, entah ketika berkebun atau mencuci piring. Sarung tangan akan melindungi tangan dari kerusakan. Catatannya, hindari sarung tangan berbahan vinyl karena malah membuat kulit jadi lebih kering. Gunakan sarung tangan yang terbuat dari katun dan kulit.

Facial wajah? Pasti sudah rutin, ya. Tapi kita sering lupa untuk melakukan ‘facial’ tangan. Lapisan kulit tangan, khususnya kulit bagian belakang telapak tangan, jauh lebih tipis dan rapuh dibandingkan kulit di bagian wajah. Untuk kulit seperti ini, coba gunakan batu apung untuk membersihkan telapak tangan setelah mandi. Bisa juga menggunakan 1-2 sendok makan gula, tambahkan minyak zaitun, lalu gosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga kotoran hilang. Gunakan pelembap setelahnya. Lakukan 1-4 kali seminggu, sesuai kebutuhan. 

Oh ya, jangan lupa banyak-banyak minum agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik sehingga kulit tetap sehat dan lembap. Bye-bye tangan kasar~

Recommended Articles