31

OCT 19

Tim writer GoodLife

Gangguan Tidur Bikin Susah Fokus, Coba deh Lakukan Ini

Tidur menjadi salah satu aktivitas penting bagi kesehatan manusia. Karena selama tidur, tubuh akan melakukan pembentukan dan regenerasi sel hingga mengembalikan energi yang sudah terkuras untuk melakukan aktivitas seharin.

Menurut panduan yang dikeluarkan oleh para ahli dari National Sleep Foundation (NSF) AS, kebutuhan tidur tidak sama untuk semua orang, disesuaikan menurut usia. Untuk golongan dewasa muda (usia 18 – 25 tahun) dan dewasa (26 – 64 tahun) membutuhkan durasi tidur 7 – 9 jam per hari.

Kebutuhan tidur tadi bisa terganggu jika seseorang mengalami gangguan tidur atau sleep disorder yaitu kelainan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan tidur atau mengatur pola tidurnya. Gangguan tidur ini tentu jika dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada ksehatan fisik dan mental misalnya tidak merasa bugar saat bangun tidur, cepat mengantuk, sulit untuk konsentrasi, cepat lelah, daya ingat menurun, hingga emosi yang tida stabil.

Jika kamu mulai kesulitan untuk tidur nyenyak atau sulit tidur, sebelum lebih parah, yuk lakukan langkah berikut ini.

1.  Pola Hidup Sehat

Ubah pola hidup lebih sehat misalnya rutin olahraga, memperhatikan asupan gizi seimbang, mengelola stress dengan baik, atau mengurangi alkohol dan rokok.

Dengan pola hidup yang lebih sehat, seseorang akan tidur dengan lebih berkualitas.

2.  Kurangi Konsumsi Kafein

Batasi asupan kafein, terutama di sore dan malam hari karena bisa membuat kamu terjaga dan mengurangi kualitas tidur.

3.  Batasi Screen Time

Minimal 2 jam menjelang waktu tidur, sebaiknya kamu sudah tidak lagi menatap layar, baik televise, laptop, atau layar handphone. Menatap layar membuat mata dan otak tetap aktif sehingga tubuh meresponsnya dengan tidak bisa tidur.

4.  Jangan Berbaring di Tempat Tidur Sebelum Ngantuk

Jika kamu belum juga tertidur setelah 20-30 menit berbaring, sebaiknya segera beranjak dari tempat tidur dan lakukan aktivitas lain, misalnya meditasi atau membersihkan ruangan.

5.  Dengarkan White Noise

Barangkali bukan kamar yang hening yang kamu butuhkan untuk bisa tidur tetapi white noise, yaitu suara dengan frekuensi khusus, kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Misalnya suara kipas angin, hairdryer, suara rintik hujan, atau deburan ombak. Kamu bisa mengunduh berbagai suara white noise di internet atau lewat aplikasi.

 

Masih susah tidur? Hmm, ada baiknya kamu coba konsultasi ke dokter yah, untuk penanganan lebih lanjut. Sleep weel goodpeeps~

HIDUP SEHAT TIPS TIDUR NYENYAK INSOMNIA

Recommended Articles