03

NOV 19

Tim writer GoodLife

Sweet Escape! 5 Tempat Ini Cocok Untuk Menenangkan Diri

Gampang marah, cepat lelah, atau sudah istirahat tapi tubuh rasanya masih capek? Itu tanda-tanda kamu butuh istirahat sambil menenangkan pikiran dan relaksasi.

 

Ini saatnya kamu short getaway saat weekend untuk melepas penat dengan mengunjungi tempat-tempat yang bisa memberi ketenangan, baik fisik maupun mental.

Beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi adalah air terjun, hutan, atau pantai. Mendengar suarat gemericik air terjun, deburan ombak atau heningnya hutan ternyata bisa memberi efek menenangkan dan rileksasi.

Berikut ini 5 tempat yang cocok untuk menenangkan diri.

 

1.  Air Terjun Madakaripura, Probolinggo

Menurut cerita yang dipercaya masyarakat setempat, nama Madakaripura memiliki makna gajah yang meninggal ketika semedi atau sembahyang. Konon, Patih Gajahmada bersemedi ke tempat ini untuk merenung.

Air terjun Madakaripura memiliki ketinggian kurang lebih 200 meter dan berbentuk gua sehingga suasananya pun teduh dan damai, cocok bagi siapa saja yang menginginkan ketenangan. 

Air terjun Madakaripura juga menjadi air tertjun tertinggi di Pulau Jawa dan tidak pernah mengalami kekeringan karena debit airnya tetap meski di musim kemarau.

 

2.  Hutan Pinus Kayon, Semarang

Hutan pinus yang terletak di lereng gunung Merbabu ini bisa jadi pilihan destinasi wisata yang memberi kamu ketenangan. Meski saat weekend, hutan pinus ini banyak dikunjungi orang tapi kamu masih punya banyak pilihan spot untuk menenangkan diri karena luas hutan ini berhektar-hektar.

(image : @sigitwardaya_instagram)

Selain udara yang sejuk, pemandangan hijau, kamu juga bisa menemukan sumber mata air yang jernih. Kamu bisa duduk merenung sambil memasukkan kaki ke aliran air sungai kecil yang jernih dan dingin.

 

3.  Sawah Berundak, Ubud, Bali

Sistem sawah berundah di Bali dikenal dengan sebutan subak. Di kawasan Ubud, Bali, kamu bisa jumpai banyak sawah berundak yang terhampar luas. Duduk sambil memandangi hijaunya sawah dengan susunan yang rapi, bisa memberi ketenangan dan kedamaian.

Kamu bisa memilih spot yang paling nyaman untuk menikmati pemandangan sawah berundak sambil minum teh atau kopi.

 

4.  Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Pantai ini bukan hanya indah dan punya hamparan pasir putih yang halus, tetapi juga air laut yang jernih, ombak yang tenang, serta ciri khas batuan granit yang tinggi.

Batuan granit dengan aneka ukuran ini tersebar di sekitar pantai. Kamu bisa duduk santai di atasnya atau duduk di hamparan pasir putih sambil memandangai lautan biru. Dijamin pikiran kamu lebih rileks dan damai.

 

5.  Kebun Teh Rancabali, Bandung

Bandung merupakan daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Enggak heran banyak hamparan kebun teh di Bandung. Salah satu yang terkenal adalah kebun teh Rancabali.

Kebun teh Rancabali sangat luas, perpaduan hijaunya tanaman teh dan birunya langit serta udara yang sejuk, bisa bikin kamu betah seharian berada di sini. Kamu bisa menikmati pemandangan ini sambil menyeruput bajigur atau bandrek.

Berada di tempat yang tenang dan nyaman bisa memberi efek rileksasi untuk fisik dan juga mental. Kamu bisa kembali beraktivitas dengan lebih semangat setelah sweet escape ke tempat tadi. 

 

Pack your ransel and enjoy the word~

SWEAT ESCAPE DESTINASI WEEKEND

Recommended Articles