16

FEB 20

Tim writer GoodLife

Pengin Sehat? Ngemil Edamame Yuk!

Edamame adalah kacang kedelai yang masih muda. Biasanya, ia dijadikan camilan setelah direbus dan ditaburi garam. Namun, ternyata tak hanya sebagai camilan. Edamame juga punya banyak manfaat kesehatan, lho. Berikut daftarnya.

1.  Mencukupi kebutuhan protein

Edamame termasuk jenis kacang-kacangan yang kaya protein. Protein sendiri merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Satu mangkuk kecil edamame mengandung sekitar 18,4 gram protein.

Edamame juga merupakan sumber asam amino yang berfungsi membangun otot, membawa nutrisi ke seluruh tubuh, serta mencegah berbagai penyakit. Itu sebabnya edamame maupun kacang kedelai menjadi menu utama para penganut diet vegan dan vegetarian. 

2.  Mengurangi risiko penyakit jantung

Studi menunjukkan bahwa kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, edamame, yang kaya kandungan serat, antioksidan, dan vitamin K, membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan memperbaiki profil lipid. Profil lipid mengukur jumlah total emak (kolesterol dan trigliserid) dalam darah. Konsumsi 50 gram edamame setiap hari akan mengurangi kadar lemak jahat (LDL) hingga 3%.

3.  Cocok bagi penderita diabetes

Edamame juga tidak akan membuat kadar gula darah naik, sama seperti kacang-kacangan lainya. Edamame termasuk rendah karbohidrat dan menunjukkan indeks glikemiks yang rendah sehingga sangat cocok bagi para penderita diabetes. 

4.  Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Kandungan vitamin dan mineral dari edamame terbukti tinggi, begitu juga kandungan seratnya. Dibandingkan kacang kedelai, jumlah kandungan vitamin K dan folat pada edamame juga lebih tinggi. Mengonsumsi 155 gram edamame sama dengan memenuhi 52% jumlah vitamin K yang direkomendasikan (recommended daily intake atau RDI), serta memenuhi total (100%) RDI dari folat.

5.  Mengurangi risiko kanker payudara

Edamame, juga kacang kedelai, sangat kaya akan isoflavon, senyawa yang memiliki fungsi yang sama dengan hormon estrogen pada perempuan. Meski terdapat penelitian yang mewanti-wanti bahwa konsumsi isoflavon yang berlebihan bisa meningkatkan risiko kanker payudara, tetapi penelitian lain justru menyatakan sebaliknya. Konsumsi edamame dan produk kacang-kacangan lain malah akan mengurangi risiko kanekr payudara. Mengonsumsi makanan yang kaya isoflavon sejak muda juga akan melindungi dari risiko kanker payudara di kemudian hari. 

6.  Melindungi kaum laki-laki dari kanker prostat

Tak hanya kanker payudara, edamame ternyata juga melindungi kaum laki-laki dari risiko kanker prostat. Kanker prostat diketahui merupakan jenis kanker kedua yang paling banyak menyerang laki-laki. Data menunjukkan 1 dari 7 laki-laki menderita kanker prostat. Beberapa studi menunjukkan bahwa edamame akan menurunkan risiko kanker prostat hingga 30%. 

7.  Meningkatkan kepadatan tulang

Osteoporosis atau keropos tulang biasanya dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Nah, untuk mencegah osteoporosis, konsumsi edamame yang kaya isoflavon bisa membantu mencegah osteoporosis. Studi menunjukkan, makan kacang-kacangan, termasuk edamame, secara rutin akan membantu menurunkan risiko osteoporosis pada perempuan yang sudah menopause. Konsumsi isoflavon memang terbukti mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Recommended Articles