13

MAR 20

Tim writer GoodLife

Kolang-Kaling, Kecil Buahnya, Gede Manfaatnya 

Tak cuma di bulan Ramadan, kolang-kaling sebaiknya dikonsumsi setiap hari karena mampu mengatasi berbagai keluhan penyakit.

 

Kolang-kaling merupakan daging buah pohon aren. Buah ini mendadak beken setiap kali bulan Ramadan tiba. Biasanya, ia dijadikan bahan pembuat kolak. Rasanya manis dengan tekstur buah yang kenyal. Tak hanya itu, buah kolang-kaling juga mengandung banyak nutrisi. Sebut saja fosfor, karbohidrat, kalsium, protein, lemak, serat, besi, dan kalori. 

 

Buah berbentuk oval berwarna putih bening ini juga merupakan sumber Vitamin B dan K dan mengandung banyak cairan. Tak mengherankan jika kolang-kaling juga memberi banyak manfaat kesehatan, antara lain:

 

1.  Menjaga berat badan

Agar berat badan tak meningkat, kita harus menjaga pola makan dan menu makanan yang kita konsumsi. Nah, kolang-kaling memiliki kandungan air hingga 93%. Buah ini juga kaya akan gelatin yang akan membuat kita merasa kenyang sehingga nafsu makan pun jadi terkontrol.

 

2.  Mengatasi radang sendi

Arthritis atau radang sendi merupakan penyakit sendi kronis yang biasanya menyerang mereka yang memasuki usia lanjut. Radang sendi akan membuat sendi membengkak dan kaku sehingga, selain menimbulkan rasa sakit pada sendi, juga membuat kita sulit menggerakkan tubuh dan kaku.

Kolang-kaling dipercaya bisa mengatasi radang sendi. Caranya, makan buah kolang-kaling yang sudah direbus tanpa tambahan air maupun gula.

 

3.  Sembelit pun reda

Buah kolang-kaling mengandung banyak serat yang sangat baik bagi pencernaan. Jadi, jika kamu punya masalah lambung atau pencernaan, misalnya sembelit, cobalah konsumsi 5-10 buah kolang-kaling setiap hari agar sembelit reda.

 

4.  Mencegah osteoporosis

Osteoporosis identik dengan penuaan. Namun, sekarang ini tak hanya kaum tua saja yang mengalami osteoporosis, kaum muda pun mulai banyak yang terkena osteoporosis.

Salah satu penyebabnya adalah kurangya aktivitas olahraga dan asupan kalsium. Buah kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium di setiap butir buahnya, sehingga konsumsi buah ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium, sekaligus menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

 

5.  Menghilangkan gatal-gatal

Buah kolang-kaling ternyata juga bisa mengatasi gatal-gatal pada tubuh. Sebelum dijadikan kolang-kaling, pohon aren mengandung getah yang kenyal. Meski begitu, sebagian kalangan masih menyangsikan manfaat kolang-kaling untuk mengatasi gatal-gatal. 

Recommended Articles