04

NOV 19

Tim writer GoodLife

Duh! 5 Hal Kecil Ini Bikin Kamu Jadi Gampang Stress

Pernah kepikiran nggak kalau kamu bisa stress akibat terlalu banyak bermain sosial media?

Tanpa disadari, penyebab stress nggak cuma hal negatif seperti putus cinta, kesulitan ekonomi, atau masalah pekerjaan. Ternyata banyak juga masalah kecil yang sering kita anggap sepele juga bisa memicu stress pada diri kita sendiri.

Supaya kamu bisa mengantisipasi atau bahkan mencegahnya, yuks kenal 5 hal kecil ini yang nggak disadari juga bisa bikin kamu gampang stress.

 

1.  Bawa Kerjaan ke Rumah

Mungkin kamu berpikir untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sehingga semua tugas-tugas dibawa ke rumah. Kebiasaan kecil ini membuat otak berpikir kamu selalu sibuk, tidak istirahat, dan seperti dikejar deadline.

Biasanya, ujung-ujungnya, pekerjaan belum tentu selesai tapi kamu tertekan dan stress semakin memikirkan pekerjaan, ya, kan?

Solusi: kamu harus pintar mengatur waktu bekerja saat di kantor sehingga tidak perlu membawa pekerjaan ke rumah untuk diselesaikan. Gunakan weekend atau hari libur untuk me-refresh pikiran untuk keseimbangan hidup.

 

2.  Main Sosial Media

Saat ini siapa sih yang bisa lepas dari sosial media? Semua informasi bisa kamu dapatkan di situ. Menurut sebuah penelitian, bermain media bisa meningkatkan aktivitas sistem saraf dan pada akhirnya bisa memicu kecemasan. 

Apalagi kalau melihat teman-teman kita liburan, nongkrong, atau mengunggah aktivitas menyenangkan lainnya, sementara kita hanya di rumah atau harus menyelesaikan pekerjaan.

Solusi: Batasi dan tentukan waktu kapan kamu bisa mengecek. Selebihnya biarkan handphone berada di tempat yang tidak mudah terlihat oleh kamu sehingga tidak tergoda untuk mengeceknya lagi.

 

3.  Kurang Tidur

Tidur punya manfaat yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Selain bisa mengembalikan energi yang hilang, saat tidur tubuh melakukan pembentukan dan regenerasi sel.

Kurang tidur menyebabkan kamu sulit untuk fokus, cepat lilah hingga emosi yang tidak stabil dan stress.

Solusi: atur jadwal tidur yang konsisten setiap hari. Bila perlu lakukan ritual yang bikin kamu semakin mudah tidur misalnya mandi air hangat, membaca buku atau menjauhkan gadget.

 

4.  Terlalu Banyak Minum Kopi

Kopi jika diminum dalam porsi yang sesuai bisa membantu kamu untuk fokus dan semangat. Tapi jika terlalu banyak minum kopi justru akan bikin kamu mudah stress, cepat merasa cemas, dan sensitif. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi membuat kita lebih sensitif.

Solusi: Batasi minum kopi misalnya 1-2 cangkir setiap hari. batasi minimal minum kopi di sore hari karena jika minum kopi menjelang waktu tidur, akan menggangu jam tidur kamu.

 

5.  Sikap Posesif

Sikap posesif terhadap apapun, apalagi pada pasangan membuat kamu selalu dipenuhi pikiran negatif dan penuh curiga. Lama-kelamaan pikiran kamu akan mengalami kecemasan berlebihan hingga stress.

Solusi: Mulai belajar untuk menjadi pribadi yang easy going dan percaya diri sehingga tidak timbul perasaan posesif dan kecemasan.

Kalau salah satunya ada yang sering kamu lakukan, yuks sebaiknya mulai kurangi agar kamu tidak mudah stress dan lebih sehat secara mental.

GAMPANG STREES DEPRESI

Recommended Articles